Senin, 24 Oktober 2011

Turun Naik


Selama bulan Oktober ini, saya agak tertatih tatih, dalam mengurus diri saya dan juga anak saya, ( hope gak ikut ikutan tertatih tatih urus suami J ) Dikarenakan Keiko sedang peralihan dalam aktivitasnya. Dia udah gak mau mainan sama mainannya yang lama, semuanya berubah, pola makan, pola main,berharap banget pola tidurnya gak ikut ikutan berubah. Keiko jadi sering uring uringan, bentar main dah bosen, ditinggal sebentar sama mamanya ke toilet aja, udah gubrak gubrak pintu.Ya..memang jadi anak kecil gak mudah, karena mereka harus merelakan meninggalkan masa masa nyaman mereka, dan harus move on buat naik to the next level. Mau gak mau orang tuanya juga musti ngikutin dan harus juga bersiap siap buat meninggalkan masa nyamannya.Setiap perkembangan Keiko, itu juga membuat saya mau tidak mau belajar untuk berkembang juga.Saya sudah nyaman banget dengan fase yang Keiko lewati dari umur 2 tahun, 6 bulan, sampai dia 2 , 9 bulan ini ( ini fase terenak bagi saya ) Keiko dah mandiri, udah ngerti larangan, kadang bisa ditinggal main sendiri, gak banyak nuntut, pokoknya fase paling enak deh menurut saya, tapi…tiba tiba aja masuk ke bulan Oktober ini everything berubah lagi. Makannya bisa berjam jam karena di emut gak mau ditelan telan, kalo bermain juga bosenan. Sekarang lebih nempel banget sama mamanya, padahal tadinya dia adalah daddy little girl, sekarang kalo gak ngeliat mamanya semenit aja, dia bakal histeris. Berarti…sekarang semuanya kudu di rombak lagi semuanya, and I realize this will be happen, sepanjang saya memiliki label jadi orang tua.Nanti pas Keiko udah masuk sekolah, ato dia udah remaja, tetap saja, mama dan Papanya harus belajar “menyesuaikan”diri dengan perubahan yang ada didalam dirinya, karena kalau gak bisa gila dua duanya.
Jadi…beberapa hari ini saya sibuk merancang aktivitas yang saya lakukan sama Keiko..saya juga berusaha memantau progressnya , dan seperti biasanya kami berdua tidak suka perubahan. Keiko a little bit frustration and mamanya  a little bit impatient , haduh…. L Keiko  mulai beralih, kepada kegiatan yang lebih membutuhkan motorik halusnya, seperti memegang krayon dan juga belajar bermain dengan lilin dan tanah liat, kadang, dia ingin membentuk sesuatu dan gak bisa dan dia mulai frustasi, terus ngambek dan minta hal hal yang bikin pusing kepala ( merajuk ). Akhirnya, kami sekarang mulai bikin kelas dirumah, pagi hari sehabis sarapan yang biasanya dia spend time dengan naik sepeda, dan main main, sekarang kami menghabiskan di kamar bermainnya dengan belajar. Mengenal bentuk, huruf, dan juga abjad, tadinya saya gak mau kasih Keiko “pelajaran”, tapi..minatnya kayaknya besar bgt, jadi akhirnya saya mulai mengajarnya. Dan beruntung..hidup dizaman serba teknologi kayak gini, info belajar bisa didapat dari mana mana, jadi bahan ngajarnya juga bisa dapat banyak, tinggal kita yang pilih pilih, kira kira yang perlu diajarin itu apa, dan yang pasti harus disesuaikan dengan tingkat kemampuan anak.
Berharap banget minggu terakhir di bulan Oktober ini, Keiko udah bisa stabil lagi dengan kegiatannya( hope mamanya diberikan sabar ) buat mengajarkan sesuatu yang baru buat dia, jadi gak terlalu pushy , karena pingin anak nya cepet cepet bisa . Ya..begitulah keadaan Keiko sementara ini
Sementara itu saya sendiri lagi berjuang buat kembali “bangkit” lagi, setelah terlalu lama leyeh leyeh, tadinya saya memperbolehkan diri saya untuk santai sebentar, ( spy gak frustasi ngadepin perubahan Keiko ) eh..! malah kebablasan, saya jadi sering bangun siang, tidur juga kecepetan ( masa jam 8 malam dah molor ) jadi gak ada waktu buat “diri sendiri”. Biasanya saya suka bincang bincang sama suami, baca baca buku, nonton bareng, belajar piano ( ini aktivitas baru ) supaya saya bisa ajar Keiko nyanyi plus main music dan entertain suami jg J, atau pun nulis nulis, dan mencari ide ide untuk memulai suatu “ usaha”, dan improve hal lain yang saya perlukan, tapi yang ada malah keenakan “liburannya”. Pantesan aja rasanya kok saya kayak kosong melompong, he..he.. pikir punya pikir itu gara gara saya longgarin saya punya schedule, karena kelonggaran saya jadi takut melorot nih hi..hi..
Jadi..Minggu terakhir di bulan Oktober ini, pingin banget manfaatin waktu sebaik baiknya , back on track lagi. Saya ingat banget kata kata dari penulis wanita favorit saya Donna Partow, being a house wife yang di rumah itu bukan berarti ngeliatin anak anak main, makan dlsb, sambil kita liat drama ataupun kita sibuk sama novel roman, tapi menjadi Ibu Rumah Tangga yang mengoptimalkan waktu hingga efisiensi terjadi di rumah, dan yang pasti peran kita itu terasa nyata se nyata nyata nya oleh anggota keluarga yang lain. Kalo emang saya perlu “liburan”, kayaknya harus saya kasih alarm deh, biar gak kebablasan kayak sekarang. Liburan pun penting lho buat Ibu Rumah Tangga, lepas dari segala “rutinitas” tapi , emang kudu ada batasannya, karena kalo gak, gak bakal punya akal sehat buat urus Rumah Tangga. Cape lahir batin yang ada.
Jadi ceritanya Mama dan Keiko lagi “turun” ….terus berusaha buat naik lagi nih…jadi sama sama deh kita belajar.
Papa Keiko…makasih buat understandingnya ya…even sempet protes juga satu dua kali…karena istrinya sempet gak tune in J


8 komentar:

ikabundajoy mengatakan...

Thanks for sharing nya Mama Keiko..
Baru ngeh klo anak kita masih akan terus berubah.. sekarang Joy baru 2 thn 2 bulan dan memang aq belum merasa nyaman se-nyaman2nya spt yg mam keiko ceritain.. hehe.. emang kudu sabar yah? apalagi aq kerja dan waktu yg bs dimaksimalkan utk bersama Joy adlh sebelum brangkat kantor & stlh pulang kantor, dan full day di hari sabtu+minggu.
Ok, I still patient to wait my time utk merasakan nyaman senyaman2nya spt yg Mbak Martha rasakan, hehehe..

marthavina mengatakan...

iya, anak anak itu berubah terus, persis kayak grafik yang turun naik, hari ini sukanya ini , besok lagi sukanya yang itu, jadi jgn nyerah kalo ngajarin sesuatu sama anak terus dia gak suka, gak terima, gak bisa, asal pelan pelan dan sensitive akan tindak tanduk anak kita, pasti semuanya dilewati dengan nyaman.Waktu Keiko 2 tahun 2 bulan, dia suka bgt sama aktivitas renang. bikin dia cape hingga istirahat dan makannya jg meningkat drastis...bisa di coba sama Joy. Semangat ya Bunda

ikabundajoy mengatakan...

Siap Mama Kei ! =)
Iya Joy emang suka berenang, hmm... jadi punya ide utk sering ngajak Joy berenang supaya banyak makan kayak Keiko, wkwkwk...
*toast dulu ahh !!*

marthavina mengatakan...

Tos..hi..hi..Happy mama..Happy Baby :)

Mega mengatakan...

Ayo mbak naik lagii....!!! hehehehehe

Emang ya anak kecil tuh cepat banget kebisaannya, mereka nyerap yang dilihat dan didengar di sekitarnya dengan cepat. Sepupuku yang baru 2 tahun, Vio namanya, lagi asik-asiknya belajar ngomong, apa yang dia denger langsung dia ikutin lagi, haduuhhh, kita yang di sekelilingnya jadi bengong.

Paling lucu kalo dia dah ngomong sesuatu trus kita gak ngerti, hahahahaha, dia gregetan dan jengkel buanget tuh kayaknya,hahahahaha. Sementara kami juga frustasi gak ngerti maksudnya.

marthavina mengatakan...

Iya..Mega bener bgt, kadang orang disekeliling si anak tadi itu, sampe tertatih tatih ngikutin mereka, saya baru nyaman sebentar, tiba tiba mrk hrs ke next level lagi...yg ada mamanya penyesuaian lagi, sianak belajar lagi...yah..dinikmatin lah.Iya, ini saya lagi "mulai naik" lagi..

Welly Lokollo mengatakan...

ayo mbak, semangat yah :)

marthavina mengatakan...

Makasih ya Welly...:)