Minggu, 22 Mei 2011

Mari merawat diri


Selama kita memiliki bayi ataupun anak balita, dan selama kita menjadi ibu ( yang artinya seumur hidup ) Kita akan tersadar betapa mudahnya mendahulukan kepentingan bayi kita dan yang lainnya diatas kepentingan diri kita sendiri. Maksud saya bukan hanya untuk hal hal yang penting, namun juga untuk hal hal yang “kurang penting”, seperti contohnya adalah mandi. Saya memiliki kesulitan untuk mandi, lucu sekali rasanya…tapi itu benar, saya merasa sangat sulit untuk mandi, bagi saya itu sungguh sungguh membuang waktu saya.Terkadang kesibukan yang luar biasa, membuat waktu mandi menjadi prioritas kesekian. Dari pada mandi , lebih menyenangkan untuk bersantai sejenak dikala bayi saya tertidur, ataupun mencuci botol susunya atau mencoba untuk melakukan hal yang lain.
Akibatnya bisa terasa sekali , kulit kering luar biasa, rambut berminyak plus bau tak sedap menjadi bonus he…he..he.. sampai suatu ketika, mertua saya mampir kerumah , Malu rasanya berhadapan dengan mereka dengan penampilan yang luar biasa apa adanya itu. Ya..dengan berat hati saya pun menjadualkan mandi , pagi pagi sekali ketika putri saya baru bangun tidur, jika keadaan memungkinkan, maksudnya tidak terlalu rewel, sehingga bisa ditinggal sebentar dengan Papanya.
Atau ketika malam, sewaktu bayi saya sudah tertidur biasanya saya “terpaksa mandi “
Dan saya sampai tidak habis pikir, kenapa saya selalu merasa buang buang waktu untuk mandi, karena ternyata sangat menyenangkan . Mandi adalah ritual yang biasa sekali untuk kebanyakan orang., tapi buat saya pada waktu itu, adalah salah satu momen dimana saya bisa disegarkan secara jasmani.. Ya saya sadar, bukanlah alasan yang masuk di akal jika karena kita sibuk lalu mengenyampingkan kesehatan dan kebersihan diri kita. Rawatlah tubuh kita, peliharalah kesehatan kita. Bukan berarti kita harus keluar masuk salon atau klinik klinik kecantikan. Carilah cara yang kreatif yang bisa kita kerjakan sendiri dirumah . Mandi dengan sabun wangi, jadikan acara mandi ini sebagai acara santai yang dapat kita nikmati  sepenuhnya, memakai sabun yang beraroma lembut yang kita sukai ,dengan air hangat yang membuat kita merasa dimanjakan, dan kita memang patut mendapatkan perasaan dimanjakan, setelah seharian kita memanjakan orang orang disekitar kita. Jangan lupa untuk  membersihkan wajah dan , mengoleskan pelembab, memakai lotion tubuh, membersihkan rambut, merawat kuku, kaki dan tangan, tanpa harus keluar rumah dan biaya yang besar, yang bisa kita kerjakan semuanya ketika kita sedang mandi.Jikalau kita tidak memiliki pengasuh anak yang bisa kita andalkan, lakukan semuanya itu dalam waktu setengah jam ( disarankan untuk tidak lebih lama dari itu, kecuali kita memiliki seorang pengasuh anak ), ketika anak sedang tertidur ataupun ketika suami kita bisa menjaga anak kita, sehingga secara tidak langsung kita membuat waktu agar sang Papa dan anak dapat saling bermain dan mengenal.Belajarlah untuk melakukan segala sesuatunya dengan lengkap dan bersih tanpa harus berlama lama dikamar mandi, seperti dikala kita belum memiliki anak kecil.
Berolahragalah , karena dengan berolah raga membuat kulit dan wajah kita berseri seri, kita pun menjadi bahagia, karena menurut penelitian ketika kita berolah raga, tubuh kita akan mengeluarkan hormone Serotonin dan Endorphin yang dapat meningkat dengan berolahraga, dan dapat memperkuat emosi positif kita yang tentunya akan  membuat kita bahagia, sehingga kita bersemangat menyambut hari yang baru. Dan menjadi kuat ketika kita harus merawat anak anak kita sepanjang hari. Dan selain itu banyak bonus juga yang kita dapatkan dari berolah raga , seperti yang telah saya diuraikan didepan, antara lain membuat kita kehilangan obesitas dan memperkuat tulang. Tubuh yang sehat dan kuat adalah hal yang paling mendasar , jika anda ingin terlihat cantik dan merasa cantik.
Makanlah, makanan yang segar, banyak sayur dan buah, serta meminum sebanyak banyaknya air putih untuk menggantikan cairan tubuh yang hilang, dikala kita turut aktif bergerak dengan anak kita.Sediakan buah. Buah segar yang sehat dan murah yang mudah kita dapatkan dipasar, seperti pepaya, melon , pear, jeruk, ataupun sayuran seperti selada air, wortel dan tomat, Potonglah menjadi potongan potongan kecil, dan tempatkan diwadah tertutup, sehingga ketika  lapar menyerang makanlah potongan potongan buah tersebut, dari pada banyak memakan jajanan yang kurang menyehatkan .Terlebih jika kita masih menyusui, dan porsi makan kita masih sering, bahkan bisa sampai lima kali dalam sehari, maka siasati dengan makanan yang berprotein dan berserat tinggi. Makan dengan sering, namun dengan porsi sedikit.
Berpakaianlah selayaknya seorang wanita berpakaian. Tanggalkan daster  yang kusut, kumal dan terlalu kelonggaran . Pakailah T- shirt yang lucu , rok ataupun celana ( pendek atau panjang ) yang nyaman untuk kita bergerak. Karena apa yang kita kenakan terkadang mempengaruhi diri kita. Jikalau banyak baju yang belum bisa muat karena bobot tubuh masih sedikit besar, maka belilah t shirt ataupun baju baju tersebut di toko yang sedang diskon, belilah yang berwarna cerah, yang dapat membuat suasana hati kita pun cerah serta tentunya yang dapat menyerap keringat  .Biasakan selalu berpakaian rapih, berpakaianlah untuk diri sendiri,jangan tunggu kita keluar rumah, baru berpakaian secara layak. Kebanyakan dari para ibu baru, termasuk saya akan mendapatkan beberapa kilogram kenaikan badan, mungkin ada yang hanya naik beberapa kilogram namun tidak sedikit ada yang naik secara teramat sangat drastis, sehingga tidak ada satupun baju sebelum hamil yang bisa dipakai kembali, saran saya adalah untuk membeli beberapa baju yang layak untuk digunakan baik untuk dirumah ataupun untuk baju bepergian, sementara baju baju yg tidak muat itu, untuk sementara tolong untuk disingkirkan terlebih dahulu, namun begitu saya tetap mengizinkan beberapa baju yang menjadi favorit saya untuk tetap berada didalam lemari saya terutama celana jins yang dulu menjadi kebanggaan saya, bersama dengan baju baju “terbaru”saya , Saya sengaja melakukannnya sebagai motivasi saya untuk fokus dalam usaha saya untuk menurunkan berat badan.  Bukan alasan yang baik, dan terlalu berlebihan jika kita tampil berantakan dan mohon maklum dari banyak orang,  dengan alas an karena itu semua disebabkan kita memiliki bayi. Justru dengan ada nya bayi baru yang hadir ditengah keluarga kita, itu adalah alasan yang baik bagi kita untuk bisa memberikan yang terbaik bagi bayi tersebut dan keluarga kita, itu tak akan terjadi jika kita tak bisa merawat kesehatan diri kita sendiri.
 Saya percaya, bahwa setiap wanita itu cantik, hanya terkadang kita para wanita, terlalu sering meremehkan diri sendiri, dan juga menjadi seorang yang “memaklumkan diri” untuk banyak hal, contohnya dalam hal kesehatan dan penampilan. Untuk itu, saya selalu mengingatkan diri saya sendiri untuk terus memperbaiki diri dalam hal apapun baik mental, rohani dan fisik. Setiap dari kita mampu untuk menjadi “bintang” bukan hanya para wanita yang ada dalam majalah ataupun TV saja, yang bisa berpenampilan indah, kita pun bisa melakukannya Hanya satu caranya , menghargai diri sendiri, dan mengambil langkah untuk memperbaiki apa yang perlu untuk diperbaiki. Tuhan telah menganugrahkan kita kecantikan dan kesehatan syukurilah dan sudah selayaknya kita merawatnya dengan baik.


Caranya :
  1. Bersihkan wajah dengan facial wash
  2. Ambil bahan peeling ,oleskan pada kening, hidung, pipi kiri dan kanan serta dagu, ratakan bahan peeling dengan pijitan ringan selama dua menit, lalu bersihkan dengan waslap hangat.
  3. Pijit kembali wajah dengan memakai baby oil
  4. Bersihkan wajah dengan waslap hangat
  5. Gunakan masker, selama kurang lebih 20 sampai 30 menit
  6. Basuh wajah dengan air hangat kemudian dengan air dingin.

Berikut adalah campuran masker alami favorit saya:

Masker beras
Khasiat : Membuat wajah halus , Kencang dan putih bersih
Caranya :
  1. Ambil segenggam beras, lalu rendam semalaman
  2. Tumbuk beras sampai halus dan menjadi bubuk, lalu jemur hingga kering
  3. Ketika ingin digunakan campurkan dengan 1 sendok makan madu, aduk hingga rata
  4. Oleskan masker pada wajah hingga rata
  5. Setelah sekitar 20 menit, bilas wajah dengan air hangat dan kemudian menggunakan air dingin
Masker Tomat dan Putih Telur
Khasiat : Membuat wajah halus dan Kencang
Caranya :
  1. Ambil satu buah tomat dan satu sendok makan putih telur
  2. Hancurkan tomat dan tambahkan putih telur, campur hingga rata
  3. Oleskan campuran tersebut pada wajah, secara merata
  4. Setelah 30 menit , cuci wajah dengan air hangat lalu bilas dengan air dingin.

Masker Pisang
Khasiat : Membuat kulit wajah mulus dan bersih
Caranya :
  1. Lumatkan pisang ambon yang matang, lalu campur dengan madu
  2. Oleskan campuran ini keseluruh wajah
  3. Setelah 20 menit bilas wajah dengan air hangat dan bilas ulang dengan air dingin.

O..ya berikut adalah sedikit tips dari saya jika kita tidak sempat ke salon untuk melakukan facial, yang sebenarnya perlu dilakukan untuk kesehatan kulit kita. Serta beberapa macam masker racikan sendiri, dari dapur kita, hasilnya sangat memuaskan  jika rutin dilakukan, tidak kalah dengan hasil salon ataupun klinik kecantikan  ….( selamat mencoba )

Tidak ada komentar: