Minggu, 29 Mei 2011

Pilih jenis makanan sesuai mood dan kondisi tubuh


Sewaktu saya masih gadis, dan tinggal bersama orangtua , paling suka cemberut kalo membuka tudung saji, isinya bisa ditebak, tahu, tempe ( dari yang goreng tepung, bacem,oreg) , sayur tumis or bening, bisa dibilang bosen banget. Saya sih tetep makan, walaupun tidak dinikmati, asal makan saja. Karena saya adalah pecinta kuliner sejati, bagi saya makanan itu juga penghibur saya, jadi kalau rasanya standar..saya tak bisa menikmatinya. Jadi bisa ditebak dalam satu minggu saya bisa menghabiskan beberapa porsi sate, sop buntut, tongseng, belum lagi bakar bakaran makanan seafood, dan fast food lainnya, ketambahan saya bekerja, dan sering pulang larut malam yang memungkinkan saya melahap begitu banyak makanan yang menggiurkan tadi. Dan saya pun beruntung, karena dikaruniai, tubuh yang metabolismenya bagus, jadi saya gak pernah gemuk, dengan tinggi badan 155 cm, berat saya tetap stag di 45 – 48 kg , Kalaupun melambung tak pernah sampai baju kesempitan.
Kemudian saya menikah….Hobby itu makin dahsyat, karena suami saya hobby makan pula. Disinilah dimulai, naiknya bobot tubuh saya, teman kantor waktu itu, sampai heran melihat badan saya yang makin besar ( padahal tidak hamil ) saya mencapai 55 kg, bisa dipastikan baju banyak yang tidak muat.

Dan sebagai pengantin baru, kami pun merindukan kehadiran buah hati, namun saya kosong selama sembilan bulan. Perubahan status saya menjadi seorang istri, dan segala sesuatu yang baru, baik rumah dan tempat tinggal, keluarga besar yang baru , perilaku suami, dan lain sebagainya, membuat saya stress, mudah marah, menangis , home sick pada rumah orang tua.Dan semakin saya stress semakin saya banyak makan, semakin saya banyak makan ,semakin saya bertambah lapar dan terus menerus bertambah stress, seperti lingkaran setan.

Sampai disuatu pagi, saya kebingungan, untuk pergi kekantor, karena bajunya gak ada yang muat. Saya tahu saya harus merubah pola makan saya, jadi secara drastis keesokan harinya saya membawa bekal makan dari rumah, sampai sampai teman satu kantor kebingungan ngeliat saya. Saya tidak kasih alasan apa apa , cuma bilang kalau saya lagi jaga badan, dan hidup sehat biar cepat punya anak. Salah seorang rekan kerja nyeletuk, kalo gitu makan banyak toge aja, nanti cepat hamil. Saya tidak suka toge, dan semua sayuran , tapi…demi berat badan yang makin melambung serta keinginan untuk punya anak, saya mencoba untuk memasukkan sayuran itu dalam menu harian saya. Setelah kurang lebih tiga bulan saya berusaha untuk memakan bekal dari rumah, berat badan sedikit berkurang, dan saya dinyatakan positive hamil.Celetukan teman saya tentang toge, membuat saya penasaran, jadi semasa kehamilan dan berkelanjutan sampai sekarang, saya mulai rajin membaca jurnal atau buku kesehatan dan tentang gizi, akhirnya saya mengerti sekarang ternyata taoge itu begitu banyak menyimpan vitamin E, yang memudahkan organ seks mendapatkan pasokan oksigen segar, sehingga meningkatkan daya tahan ( stamina ), dan memudahkan orgasme , terutama pada wanita, hal ini lah yang membuat makanan ini disebut sebagai makanan fertilitas.  

Ternyata makanan yang selama ini saya konsumsi berubah fungsinya, dari fungsi sebenarnya. Makanan diperlukan untuk memperbaiki kondisi tubuh, tapi saya memerlukan makanan untuk memanjakan selera lidah saya, dan tentunya selera lidah saya tidak untuk memanjakan tubuh saya, namun justru merusaknya. Sekarang saya mengerti kenapa saya mudah marah, menangis, stress, merasa lemas, itu semua akibat dari pada makanan yang telah saya konsumsi.Karena makanan mempengaruhi perilaku, dan kualitas kesehatan seseorang.

Neurotransmitter , adalah senyawa kimiawi zat penghantar saraf dalam otak, ia bertugas menyampaikan pesan dari satu sel ke sel yang lain. Ia mengontrol seluruh fungsi tubuh, dan zat penghantar ini sangat sensitive terhadap asupan gizi, karena asupan gizi akan langsung mengubah konsentrasi hormone hormone ( serotin, norepinefrin, dan dopamine), hormone hormone inilah yang sangat berpengaruh pada perasaan suasana hati, hasrat , pikiran, bahkan perilaku juga kualitas kesehatan tubuh seseorang.

Kita harus aware terhadap kondisi tubuh kita, jika kita sedang terserang stress berlebihan, aturlah pola makan dengan baik, serta olah tubuh , makanan apa saja yang berguna untuk menyembuhkan sindrom sindrom tersebut, berikut sekelumit uraian manfaat dari makanan untuk mempercepat hilangnya sindrom sakit penyakit tersebut

Makanan untuk meredakan stres dan depresi
Gejala utama stres : Kelelahan, sulit tidur, sakit punggung dan tengkuk, sakit kepala, pening, mata berair, munculnya gejala pilek dan flu, gangguan pencernaan seperti kembung, nyeri lambung, sembelit atau malah diare.
Gejala utama depresi : perasaan tertekan, kehilangan minat dan kebahagiaan, serta beberapa kondisi seperti merasa tak berharga, mudah tersinggung, berat badan naik drastis atau turun drastis, hilang nafsu makan, atau bertambah nafsu makan, bahkan muncul pikiran untuk bunuh diri

Gizi anti stress dan anti depresi adalah asupan karbohidrat kompleks , karena stress dan depresi menguras banyak sekali energy,karbohidrat sederhana seperti gula dan makanan manis manis sebaiknya dibatasi. Jika tidak , akan memperparah keadaan, karena untuk memecah gula menjadi energy diperlukan banyak sekali vitamin B.Akibatnya defisiensi vit.B makin memuncak, dan stress pun bertambah. Perbanyak asupan vit.B kompleks , karena vitamin ini diperlukan untuk membantu membongkar asupan karbo, protein, dan lemak dari makanan menjadi energy sipa pakai

Makanan yang sebaiknya diutamakan
1.      Beras merah kaya akan karbohidrat kompleks
2.      Kangkung mengandung serat, yang baik bagi pencernaan
3.      Papaya kaya akan serat larut
4.      Ikan tuna berlimpah niasin, salah satu dari vitamin B kompleks
5.      Alpukat mengandung asam folat
6.      Keju segar berlimpah biotin
7.      Susu kedelai kaya akan vitamin B1
8.      Jamur menyimpan vitamin B2
9.      Yogurt menyimpan vitamin B5
10.  Ubi jalar kaya akan vitamin B6
11.  Kerang kaya akan vitamin B12
12.  Ikan teri kaya akan kalsium
13.  Tempe kaya akan asam amino
14.  Kacang hijau kaya akan selenium
15.  Jambu biji kaya akan vitamin C
16.  Ikan salmon, kaya akan asam lemak omega 3


Makanan untuk menghilangkan keluhan sindrom Pramenstruasi
Biasanya terjadi 1 sampai 14 hari sebelum menstruasi
Gejala psikologis : mudah tersinggung, gugup, gelisah, pemarah, mudah panic, keranjingan makanan, sampai menurunnya gairah seksual
Gejala fisik : perut kembung, berat badan cenderung naik, pusing, pembengkakan payudara, rasa sakit pada perut bahkan disekitar tubuh

Penyebab nya adalah terjadinya ketidakseimbangan antara hormone estrogen dan , hormone progesterone dalam tubuh.Estrogen yang berlebih disebabkan ketidak mampuan tubuh memecah estrogen. Ini terjadi jika konsumsi vitamin B. kompleks, tidak memadai. Jadi jika kita mengalami pramenstruasi yang cukup parah perbanyaklah makan yang mengandung vit. B, terutama B6, magnesium, kalsium, seng dan serat kasar

Makanan yang sebaiknya diutamakan
1.      Beras merah Kaya akna vitamin B kompleks
2.      Ikan Kaya akan B kompleks
3.      Hati sapi kaya akan B kompleks
4.      Kacang kacangan Kaya akan B kompleks
5.      Alpukat Kaya akan vitamin E
6.      Kacang merah kaya akan kalsium
7.      Apel Kaya akan magnesium
8.      Kerang Kaya akan mineral seng
9.      Bayam kaya akan serat

Makanan untuk meredam depresi pasca melahirkan

Gejalanya antara lain
1.      Merasakan ketidakbahagiaan
2.      Daya ingat merosot
3.      Menurunnya kemesraan terhadap pasangan
4.      Mengalami gangguan pola makan
5.      Sulit tidur
6.      Mudah tersinggung
7.      Muncul perasaan ingin bunuh diri
8.      Selalu merasa bersalah

DPM, disebabkan rendahnya asupan asam amino tirosin selama hamil, tirosin ( yang ada pada yogurt ) diperlukan membantu pembentukan hormone serotin yang mampu membuat mood nyaman kelenjar adrenal yang menghasilkan hormone adrenalin yang menimbulkan perasaan nyaman. Agar tirosin dapat dimanfaatkan optimal tubuh memerlukan asam folat, vit. B3, vit.C dan mineral

Makanan yang sebaiknya dikonsumsi:
1.      Kentang  kaya akan karbohidrat kompleks
2.      Yogurt kaya akan asam amino tirosin
3.      Telur kaya akan asam amino triptofan
4.      Alpukat kaya akan magnesium
5.      Daging ayam tanpa lemak kaya akan niasin
6.      Ikan tuna kaya akan omega 3

Makanan untuk mengatasi hiperaktivitas pada anak
Indikasinya antara lain :
1.      Emosi dan tingkah laku labil dan sulit diduga
2.      Kalau bermain cepat bosan
3.      Ketika menyelesaikan tugas, anak sulit berkonsentrasi
4.      Disekolah , sulit berkonsentrasi, perhatiannya mudah teralihkan, gemar berjalan jalan dalam ruang kelas
5.      Pada bayi, terdapat gerak motorik yang terlalu berlebihan

Penyebabnya , selain kuantitas dan kualitas tidur yang kurang memadai, asupan gizi tidak seimbang , bahan aditif makanan dan kafein yang berlebihan ( ketika ibu hamil ) merupakan factor pencetus hiperaktivitas pada anak. Asupan gula sangat berpengaruh terhadap perilaku anak, karena anak sangat sensitive terhadap asupan gula, gula segera melambungkan kadar gula darah dan hormone adrenalin yang mengontrol kadar gula darah. Namun tingginya kadar adrenalin memacu hiperaktivitas

Untuk penanganannya , apalagi jika hiperaktivitas itu parah harus dikonsultasikan pada ahlinya, khususnya psikolog anak, dan tentunya bekerja sama dengan guru guru ( jika mereka sudah bersekolah ), selain itu kita pun dapat membantunya dengan memberikan makanan yang dapat mengurangi hiperaktivitas mereka.

Makanan yang sebaiknya di konsumsi :
1.      Pepaya Kaya akan vitamin c
2.      Wortel kaya akan beta karoten
3.      Jagung manis kaya akan betakaroten
4.      Ubi jalar merah mengandung beta karoten
5.      Alpukat menyimpan banyak magnesium
6.      Bayam Kaya akan kuersetin
7.      Bawang putih Kaya akan kuersetin
8.      Bawang bombai Kaya akan kuersetin
9.      Ikan salmon Kaya akan vitamin B5
10.  Ayam kampong Kaya akan niasin
11.  Kacang hijau Kaya akan zat besi
12.  Minyak zaitun Kaya akan asam lemak omega 3


Sungguh tidak salah, jika sebagai manusia, kita ingin menikmati hidup dengan menyantap makanan lezat, namun sangat salah jika karena kita ingin menikmati hidup dengan makan sembarangan dan merusak tubuh. Jadi mari kita teliti kondisi tubuh kita, dengarkan rintihannya, apa yang diperlukan , selidiki, dan terapkan pola makan sehat. Mungkin pada awalnya sangat tersiksa, saya pun tersiksa harus merem nafsu makan, namun saya mendapatkan manfaat dengan memiliki tubuh lebih sehat. Dan sebagai manusia, saya pun pernah lengah, selepas saya melahirkan, saya gelap mata, dan kalap kembali pada makanan, akibatnya saya mengalami kegemukan, dan emosi saya kembali turun naik, saya mudah murung dan sedih.
Makan seimbang, olah tubuh, olah pikiran dengan banyak membaca buku kesehatan dan buku lainnya yang memperkaya pikiran dan spiritualitas, adalah cara yang baik untuk menghargai hidup yang Tuhan berikan.

Tidak ada komentar: