Kamis, 13 September 2012

Cari cari Sekolah buat Anak


Cari cari sekolah Buat Anak
Saya selalu berpikir, pastinya bakal ribet .com kalo cari sekolah buat Keiko, saya udah ngebayangin buat list beberapa sekolah, dan kemudian liat uang masuknya, liat jaraknya, dan metodenya, trus liat lingkungannya, dan kalo sregg saya baru akan ikut Free trial. Tiap hari anak di bawa ke lokasi berbeda dan kalo ada cocok baru deh diputuskan. ( idealnya memang seperti itu )
Tapi..saya ngelangkahin smua itu, Seperti yang saya ceritain di post saya  sebelumnya (lalai ), saya gak berniat buat skolahin Keiko  tahun ajaran sekarang,tahun depan rencananya saya baru skolahin Keiko, tapi…melihat kemunduran nya ( terutama dalam hal emosi )saya dan suami sepakat buat sekolahin Keiko…
Jadi inilah yang saya lakukan ketika mencari sekolah buat Keiko :
A.Saya melist beberapa sekolah ( yang deket rumah ) Penting buat saya, sehingga waktu Keiko tak terbuang percuma hanya di jalan.
B.Cari tahu no.telp
C.Setelah mendapatkan no.telpnya saya , mulai interview dgn pihak sekolah( kepala sekolah atau salah satu staff pengajar ), pertanyaan saya
1. sekolah di mulai dari jam berapa , dan selesai jam berapa?
Bagi saya ini yang nomer satu, karena Keiko gak pernah sekolah sebelumnya, ini akan jadi habbit dia yang baru, saya gak mau maksain dia sekolah dengan terburu buru, dan akhirnya dia males karena musti di bangunkan terlalu pagi.standart saya adalah jam 9, dia masuk sekolah, dan pulangnya juga jgn terlalu siang, jam 12, dia harus pulang…namanya juga anak anak…kelamaan bakal cape..dan bosen dan ujungnya jadi males sekolah
2. Metode apa , yang dipakai/ cara ajar?
Memang…masing masing sekolah itu punya keunggulannya sendiri sendiri, sekolah itu hadir kan buat Menuhin dan menjawab kebutuhan keunikan masing masing anak.Saya juga gak bisa bilang kalau sekolah ini bagus dan sekolah ini jelek, metode ini bagus dan metode ini jelek ( semuanya memang harus disesuaikan dengan kebutuhan anak )Namun..karena pengalaman saya kerja disekolah ( even cm sbg sekertaris ) membuat saya sedikit tahu tentang plus minus nya pendidikan usia dini.dan saya jatuh cinta dengan metode Montessori .Karena saya tahu ini metode ajar yang cocok untuk diterapkan hampir pada semua anak, dan juga sangat cocok untuk Keiko ikuti, ini adalah beberapa kelebihan yang kita akan dapatkan dengan memakai metode Montessori :
a) Penggunaan metode Montessori dapat mempersiapkan anak mempengaruhi di kehidupan dengan menekankan proses perkembangan anak secara normal dan maksimal, dengan mengembangkan kenyataan bahwa anak itu unik, jadi gak bisa di sama ratakan. Yang gak bs matematika , bukan berarti dia gak pinter..tapi dia punya kecerdasan lain.
b) Metode Montessori merupakan suatu pendekatan bagi anak untukmemperkenalkan kehidupan yang nyata, cara nya unik bgt, ketika acara masak, bener 2 masak, dengan tepung, coklat , mentega dlsb, ketika di ajarkan tentang berbagi mereka bener bener jalan ke panti asuhan.
c) Metode Montessori dapat menambah proses belajar yang sangat menyenangkan bagi anak, ( ini penting bagi saya ) untuk memastikan anak saya gak bosen, karena anak saya cepet bosen, dan banyak denger dari orang tua ( hasil sharing ) sering pindah pindah sekolah karena anaknya bosen..pas antar Keiko pertama kali juga, ngomong sama mommy yang anaknya udah 3 kali pindah sekolah…(tepok jidat ) dan baru kali ini akan di masukkkan ke sekolah montessori, , dan dari sharing saya beberapa hr lalu liat BBm, anak nya skrg antusias buat pergi sekolah.

3.fasilitas dan kegiatannya bagaimana ?
Terus terang, yg pertama kali saya liat adalah peralatan serta halaman sekolah. Peralatan nya gak ditaro dilemari lemari yang tinggi sehingga anak anak gak bisa ambil , namun semua peralatan ditaro di lemari pendek, sehingga anak dapat menjangkaunya , dan mengajak anak membereskan semua peralatan ketika sudah di gunakan.Dan Halaman nya juga luas, sehingga banyak aktifitas yang di lakukan di halaman .
4. Berapa uang pendaftaran, uang sekolah, uang gedung, dan biaya adm. Lainnya
Harus kami sesuaikan dengan pendapatan keluarga kami, gak mungkin juga saya menyekolahkan Keiko jika tidak masuk dengan budget keluarga kami.
5.Apakah ini sekolah  yang multi culture atau bukan?
Sekolah Keiko sekarang anaknya gado gado , ada yang bule , ada yang sipit,ada yg papa mamanya kawin campur, begitu juga religion nya , beda beda…jadi mereka memberlakukan sesuatunya secara general , ketika berdoa untuk memulai makan, awal sekolah, pulang sekolah..kecuali ketika pelajaran Agama di mulai…masing masing anak baru di kelompokkan sesuai religionnya . Bukannya tidak penting buat Keiko untuk bersekolah di sekolah Kristen sehingga ia dapat mengenal imannya sejak dini, tapi justru saya lebih condong jika Keiko mengenal keragaman , sehingga kelak ia dapat “bersinar” di tengah keberagaman itu…AMIN, dan tentunya saya sebagai orang tua adalah orang pertama yang mengajarkan tentang iman percaya kami kepada Keiko.
6.Apa bahasa pengantarnya ?
Sebenarnya saya lebih suka Keiko mengikuti bahasa Ibu ( yaitu purely bahasa Indonesia ), tapi…disekolah ini baik pelajaran maupun perintah memakai bahasa pengantar Inggris ( karena anak anaknya juga gado gado ),tapi atas saran beberapa orang tua, sekarang di berlakukan dua bahasa. Bagi anak anak beda Negara juga supaya mereka tahu bahasa Indonesia, jadi untuk tahun ajaran ini,di mix deh. Even tetep kebanyakan Bahasa Inggrisnya, untungnya Keiko gak bingung..justru dia antusias untuk bisa kenal berbagai benda dengan memakai bahasa Inggris. Semisal ketika kami belajar di rumah biasa nya saya bilang..”Keiko..waktunya baca buku “ ketika saya ambil buku..dia akan bilang , mama ini book..book..kata ms.artie, justru kosa kata Keiko makin banyak dan melimpah, dan tidak mempengaruhi  proses belajarnya.
Jadi itu beberapa yang menjadi pertimbangan saya, ketika masukin Keiko sekolah, walaupun di point ke 6, yaitu tentang bahasa saya sedikit bimbang, namun akhirnya saya mencoba untuk menyeimbangkan apa yang tidak Keiko dapatkan disekolah, dengan ngajar di rumah.Lagi pula..sebagai suatu persiapan, well..we never know, apakah papanya bakal stay di Indonesia terus, jika suatu waktu dinas luar dan boyong keluarga..Keiko udah ada sedikit persiapan.
Berbekal 6 pertanyaan itu lah, saya menelfon sekolah sekolah, dan diantara sekolah yang saya telfon, saya menandai beberapa yang paling ok, dan ketika pergi ke sekolah yang Keiko ikuti sekarang, semuanya sesuai dengsn penjelasan dan saya juga liat situasi kelas dlsb, dan lingkungan, saya merasa cocok, dan Keiko pun merasa nyaman, kami pun putusin untuk Keiko sekolah di Hikari. Jadi saya hemat waktu, serta hemat emosi, serta tenaga..gak perlu buat saya untuk mendatangi semua sekolah.Jika memang kita telah mendapatkan yang cocok, rasanya tidak perlu semua TK di Bintaro di jelajahi , bisa gempor xi..xi.., kecuali emang gak dapet dapet yang cocok, itu lain cerita, hope dengan bekal 6 pertanyaan itu bisa bikin para mama lebih mudah untuk cari cari sekolah
Biasanya dari beberapa point ada yang gak cocok, Cuma kalau tidak terlalu mengganggu dan dapat kita tambal sulam di rumah, seharusnya sih ok, aja, asal bukan suatu hal yang significant.
Semoga Sharing ini bisa ngebantu ya…

2 komentar:

eternal_love mengatakan...

kim udah mo 1 tahun, tapi aku cari2 info tentang sekolah udah dari sekarang,... ahhahahaa, biar ntar gak keburu - buru. tapi soal ,metode kaya montessori itu, aku baru baca penjelasannya di sini. aku pikir itu cuma perbedaan kurikulum biasa aja.
kayanya aku jadi mempertimbangkan untuk masukin kimmy ke sekolah dgn metode montessori neh... hueheheheh
btw, thank u for sharing yah mom ^__^

marthavina mengatakan...

Welcome mama Kim, saya rasa prepare dari jauh jauh hari untuk cari sekolah anak , malah lebih baik. yang paling penting, sekolahnya itu sesuai dengan yang di butuhkan oleh anak kita.Hugs buat Kim.. :)