Rabu, 21 September 2011

Menemukan temperamen dasar anak


Setiap anak adalah unik dan harus diperlakukan sesuai dengan level kedewasaan atau karakteristik individu dan kepribadiannya

Diantara kita para orang tua, pasti deh sering bilang gini…ya ampun…ini anak kok susah banget sech di bilangin. Dikasih tau bukannya nurut , eh malah galakan dia, dibandingkan saya. Hi..Hi..Hi…saya juga sering gitu kok kalo ngadepin anak saya, gitu juga dulu orang tua saya ngadepin kami anak anaknya. Sebenarnya sih saya tau kalo saya salah, tapi…saya paling males bgt kalo dimarahin , panjang lebar , tinggi dan dalam. Lebih masuk buat saya, kalo saya di bilangin aja, malah kalo gitu saya lebih cenderung merasa salah. Beda dengan adik saya, dia harus diberikan penjelasan panjang , lebar, baru ngerti, kalo dia salah. Sekedar ngomong sama dia, di kirain Cuma ada angin lalu doank. Bukan cara ngomong, masalah belajar juga beda bgt, adik saya yang ke 2 jauh lebih santai ( padahal yang dia tangkap itu sarat isi ) sementara kami berdua butuh waktu lebih lama dalam menangkap pembelajaran, ke 2 adik saya kuat di hitungan, sementara saya kuat pada bahasa, dan juga seni. Dari situ sebenarnya sudah terlihat kekuatan, dan kekurangan kami masing masing. Tidak bisa cara mendidiknya di pukul rata. Kami pasti akan tersiksa.Even kita sekandung, tapi…cara, sikap kita, temperamen kita beda banget . Nah dari pada kita para orang tua ngomong sampe berbusa dengan anak kita dan gak didengerin,atau mencoba buat anak genius dalam matematika tapi keliatan nya anak ogah ogahan , coba kita perhatikan dulu mereka, PASTI didalam diri anak itu ada kemampuan yang besar, HANYA saja…tidak terLIHAT, makanya ayo di lihat., dan kemudian Di ASAH . coba deh cara atau strategi yang bisa kita pakai untuk menemukan apa yang tersembunyi dalam diri anak kita .
Ada 3 cara yang bisa kita pakai untuk kita bisa menemukan keunikan pada anak kita:
1.       Menemukan temperamen dasar anak
2.       Menemukan Kecerdasan anak
3.       Menemukan bahasa kasih anak.
Karena terbatasan waktu saya , bagi jadi 3 bagian ya…untuk kali ini, kita coba cari tau soal tes temperamen dasar anak
Nah ,kuis kecil di bawah ini, mungkin ini akan membantu kita untuk bisa menemukan temperamen dasar anak kita, dengan tes ini akan lebih mudah untuk kita bisa memahami ke pribadian anak kita. Tes ini juga bisa kita lakukan buat kita, atau pasangan kita, if kita dah tau personalitynya kayak apa jadi akan lebih mudah buat komunikasi dan lebih bisa legowo…untuk tidak cepat tersinggung, karena sikapnya : Ok, mom.. Ngisinya yang jujur ya..,  ( diisi seperti apa adanya anak kita ya mom), bukan seperti yang kita mau
Ceklist dari setiap pernyataan , diantara pilihan ke pribadian di bawah ini ( dominan, intim, stabil, cermat ), mana yang paling banyak di ceklist dari point pernyataan di bawah ini, berarti itulah tipe kepribadian anak kita, Misalnya yang paling byk di ceklist adalah dominan, dan stabil, berarti karakter anak kita ya..Dominan , stabil.
Tes temperamen
A ( Dominan )
1.       Suka membuat aturan
2.       Bertindak langsung ke sasaran
3.       Sering memaksakan kehendak
4.       Selalu ingin menag dalam kompetisi
5.       Orang yang pertama bertindak
6.       Sulit mengalah pada orang lain
7.       Sering dianggap berkuasa
8.       Yakin pada diri sendiri
9.       Suka langsung bertindak
10.   Bergerak cepat
11.   Merasa kuat
12.   Suka memimpin
       ( gaya bicara )
1.       Tandas dan langsung
2.       Cepat dan berfokus
3.       Berusaha memimpin

Gerak Gerik
1.       Bergerak dengan mantap
2.       Duduk dengan mantap
        ( Sikap )
1.       Skeptis
2.       Tegas
3.       Yakin pada diri
4.       Self center
5.       Mimik muka tegang jika sedang emosi
JUmlah ceklist …………………………
B ( Intim )
1.       Memiliki banyak teman
2.       Banyak disukai dalam pergaulan
3.       Senang bertemu dengan orang lain
4.       Menyenangkan untuk diajak bergaul
5.       Berpandangan optimis
6.       Puas pada diri senditi
7.       Ceria dan cenderung masa bodoh
8.       Bersemangat mencoba sesuatu hal
9.       Hangat dalam bergaul
10.   Mudah bergaul
11.   Mudah merasa senang
12.   Menggebu gebu saat bicara
         Gaya bicara
1.       Semangat
2.       Ramah dan emosional
3.       Suka mempengaruhi
        Gerak Gerik
1.       Ceria
2.       Banyak bergerak
        Sikap
1.       Optimis
2.       Ceria & Humoris
3.       Senang berbagi
4.       Antusias
5.       Tersenyum
       Jumlah ceklist ………………………………………………….
      C ( Stabil )
1.       Pendengar yang baik
2.       Mengesampingkan hal yang tidak disukai
3.       Sering mengalah pada orang lain
4.       Mudah terbawa dalam pergaulan
5.       Suka memikirkan kebaikan bersama
6.       Bersedia membantu kapan pun
7.       Mudah bersimpati
8.       Berusaha bersikap baik kepada semua orang
9.       Puas diri
10.   Membiarkan dirii di pimpin
11.   Menjauhi masalah
12.   Jarang menuntut
        Gaya bicara
1.       Lembut dan ramah
2.       Perlahan dan hati hati
3.       Suka mendengarkan
        Gerak Gerik
1.       Kalem
2.       Merapikan tempat duduk
        Sikap
1.       Suportif
2.       Bersahabat
3.       Sabar
4.       Cenderung pasif
5.       Diplomatis
        Jumlah Ceklist…………………………………
       D ( Cermat )
1.       Teliti bertindak
2.       Melakukan hal yang benar
3.       Berpikir dengan rasional
4.       Bertindak setepat mungkin
5.       Tidak percaya diri dalam pergaulan
6.       Mampu menganalisa
7.       Mampu berpikir secara mendalam
8.       Melakukan segala hal sesuai aturan
9.       Memendam perasaan
10.   Berpikir sebelum brtindak
11.   Tidak sula menjadi pisat perhatian
12.   Jarang berpendapat dalam diskusi
       Gaya Bicara
1.       Pelan dan serius
2.       Perlahan dan teliti
3.       Membahas satu topic secara mendalam
        Gerak Gerik
1.       Kaku
2.       Duduk dengan rapih
        Sikap
1.       Pesimis
2.       Serius
3.       Suka menganalisa
4.       Perfeksionis
5.       Merenung
       Jumlah Ceklist ………………………………
Kalau kita dah tau tipe apa ke pribadian kita, kita bisa liat apa kekuatan dan kekurangan dari tipe ke pribadian ini, dan bagaimana berintraksi dengan anak anak kita yang bertipe kepribadian yang sangat mungkin, sangat berlawanan dengan kedua orang tuanya.jadi jangan bilang anak susah di bilangin, anak lambat banget , anak gak suka bergaul, anak aktif banget…karena tipekal kepribadiannya memang berbeda , sekarang tinggal kita deh gimana yang nyetel frekuensinya.
Dominan
Kekuatan dari orang yang bersifat dominan adalah : Kemauan kuat, mandiri, berani mengambil resiko, suka tantangan, melihat jauh, segera, ulet, gigih
Kekurangan : kurang berempati, tak sabaran, memaksa, memberontak, tebal rasa, keras, ambisius, bossy.
Tips pribadi  ( bagi orang yang bertipe dominan )
1.       Belajar mendengarkan
2.       Lebih sabar
3.       Hargai pendapat orang lain
4.       Mengerti orang lain/ empati
5.       Jangan selalu serba cepat
6.       Jangan keras kepala
7.       Jangan memaksakan kehendak
Tips buat berinteraksi dengan orang dominan :
1.       Jangan mengatur pembicaraan
2.       Ikuti dan cari kesempatan
3.       Jangan ambil keputusan untuk mereka
4.       Bicara to the point
5.       Jangan cepat tersingung
6.       Tangkap segera inti pembicaraan
7.       Jangan banyak diplomasi
Intim
Kekuatan : Cepat membangun hubungan, antusias, hangat, motivator, tulus, terbuka, responsive, flamboyant
Kekurangan : Emosional,tidak teliti, pelupa, haus pujian, egois, mudah berjanji, suka berdalih
Tips Pribadi :
1.       Kendalikan emosi
2.       Berpikir result oriented
3.       Perhatikan fakta/ detail
4.       Jadilah pendengar yang baik
5.       Jangan menggampangkan masalah
6.       You oriented dari pada I oriented
7.       Jangan terlalu banyak bicara
8.       Jadilah konsisten
Tips untuk berinteraksi dengan orang Intim :
1.       Menangkap maksud
2.       Jangan langsung
3.       Perlu pembuka atau basa basi
4.       Diterima
5.       Berikan usulan
6.       Berikan konfirmasi
7.       Berikan tekanan pada yang penting
STABIL
Kekuatan : Ramah, sabar, kooperatif, setia, berempati, mediator, mengalah, suka damai, berkorban
Kekurangan : Pasif, apasitis, ragu, kompromi, pesimis, terlau berhati hati, puas diri, lambat, batasi diri
Tips Pribadi :
1.       Kurangi rasa malu yang berlebihan
2.       Tingkatkan kecepatan
3.       Lebih optimis
4.       Jangan takut mengambil resiko
5.       Jangan terlalu sensitive dengan pendapat orang lain
6.       Jangan selalu korbankan diri untuk kepentingan orang lain
Tips berinteraksi dengan orang Stabil :
1.       Tunjukan penghargaan
2.       Hindari konfrontasi
3.       Pakai analogi
4.       Sabar dalam penjelasan
5.       Tunjukan pengertian
6.       Keputusan diambil lewat musyawarah
7.       Hindari pembicaraab tak terarah
Cermat
Kekuatan : Teliti, sistematis, detail, analitis, tepat, peka, kualitas, sempurna
Kekurangan : Sulit mengambil keputusan, curiga, pesimis, perfeksionis, selektif bergaul, subjektif, sulit percaya, acuh, sombong
Tips Pribadi :
1.       Jangan terlalu Perfeksionis
2.       Jangan terlalu analitis
3.       Fokus pada masa depan
4.       Kembangkan hubungan yang hangat dengan orang lain
5.       Lebih terbuka
6.       Jangan terlalu berahasia
7.       Lebih optimis
Tips untuk berinteraksi dengan orang cermat :
1.       Jangan omong kosong
2.       Jangan berlebihan
3.       Harus akurat
4.       Ada bukti
5.       Tunjukan fakta
6.       Jangan tersinggung jika terlihat acuh
7.       Bicarakan standar/ nilai/ system/ cara
Memang test ini, bukan harga mati didalam kita mengenali ke pribadian anak kita, namun mempermudah kita untuk berinteraksi dengan anak anak, sehingga mengurangi banyak masalah yang gak perlu.
Semoga bermanfaat ya mom…
Besok, saya sambung menemukan kecerdasan anak kita..plus menemukan bahasa kasih anak kita.
Be Blessed Mom…



13 komentar:

Mega mengatakan...

hmm....aku yang mana ya mbak?hahahahaha, emang kamu anak2 Meg?:p

Lia mengatakan...

mega mah sanguin melankolis. bener gak??? hihihi..
hai bu, uda bhasil ketemu godly parenting group blm? add fesbukku dulu aja dah :)

marthavina mengatakan...

Mega,ini berlaku secara general. Hanya saja, alangkah baiknya dari kecil orang tua dah tau anaknya, tipe apa ke pribadiannya. Biar gampang kalau komunikasi, dan gak berantem mulu, coz anak sama ortu gak ngerti gmana cara memperlakukan dirinya satu sama lain, selain itu ortu jg ngajarin anak, untuk bersikap lebih lunak, jika dia punya tipe ekstrim. gitu say...btw... itu luka dah sembuh blom????? jgn ngebut lag ya....:)

marthavina mengatakan...

Li...aku blom nemuin Godly parentingnya, udah ku lihat tapi kayaknya bukan grup bentukan Lia deh, namanya sih sama, ok, aku add. FB nya Lia, dulu ya...

Mega mengatakan...

Mbak Martha: Dah sembuh mbak, makasih ya doanya,hehehehehe, masi bisa ngebut si mbak, tapi gak sengebut dulu, gkgkgkgkgk. Mbak, add FBku juga dunk, nama FBku Mega Rambang.

K Lia: Huaaaaaa.....sedemikian jelaskah diriku kak? Sampe2 kau tau diriku sanguin melancholic ^^' TOP deh psikolog yang satu ini. BTW, Timmy juga sanguin deh kayaknya ^^V

Ansben mengatakan...

shlm mom,hehe bagus juga nie kuis,ijin copy ya mom mau di share ama temen2,nanti aku sertain nama mom marthavina juga,thkns ..

marthavina mengatakan...

SEnang kalau berguna, buat kita dan anak anak, silahkan di copy :)

ikabundajoy mengatakan...

Putriku Joy sepertinya Dominan & Intim. Kok kayaknya aq kurang puas dengan Tips yg diberikan utk berinteraksi dengan org dominan yah? masih sulit utk memberikan nasihat padanya.. dengan tips yg no.2 "Ikuti dan cari kesempatan", smoga seiring dgn waktu pembentukan Tuhan kepadanya, lama2 putriku mau mendengarkanku dengan baik.
Note: kasus ini terjadi apabila Joy udh maksain kehendaknya sambil nangis2.. hikss...sedihnya aq.. (ayo tetap semangat!!!)

marthavina mengatakan...

O..Hi, bunda Joy...berarti kita senasib ( tos dulu ah..), Keiko juga gitu kalo ada maunya ( paling malu kalo di bawa ke mall ) halah...pingin sembunyi aja kalo dia mulai guling guling di lantai, tapi saya sekarang rada jarang, ngadepin dia, makin hari dia makin ngerti. Karena saya belajar gak ladenin dia, bersikap buat tegas , itu saya baca dari buku Dr. Kevin Leman , oya saya jg ada postingannya dgn judul mengubah karakter anak. Hope berguna. Selain itu liat apa bahasa Kasihnya Joy, itu akan lebih gampang buat kita bersikap, ( lanjutan dari tulisan ini)Menemukan bahasa kasih Anak. Ayo..semangat!!!:)

ikabundajoy mengatakan...

thanks yah Mama Keiko.. (glek.. merasa lega..)
aq baru mau baca artkel yg dimaksud.
thanks for share..
SEMANGKA (semangat kawan...) =)

marthavina mengatakan...

sama sama BUnda Joy, semangat ya...! :)

Lia mengatakan...

aku suka blajar tentang temperament :) :) :) dgn tau temperament en bahasa kasih anak jadi memudahkan kita untuk mengerti en menjawab kebutuhan anak yah bu...:) love your posting! ^^nulis lagi doooong say, kok uda lama gak ngeblog?

marthavina mengatakan...

hi..Li, aku ngeblog kok say...masih aktif, secara nulis udah jadi hobby, even gak segencar dulu, sekarang lagi belajar bagi waktu, skrg aku lagi ada pekerjaan di luar "pelayanan " aku bilangnya. wish me luck ya...