Jumat, 30 September 2011

Work on Progress



Banyak hal luar biasa yang terjadi dengan Keiko…my precious baby, gift from Heaven . 2 tahun 8 bulan sudah …gak terasa, beda banget picnya zaman dia baru lahir, dengan Keiko yang sekarang ( he..he.., ya ,iyalah ) Sekarang dia sama sekali sudah tidak bisa lagi di anggap baby, dia sudah besar.
 Jalannya sudah tegap, tidak sempoyongan,
naik turun tangga, sudah tidak mau di tuntun lagi,
dia sudah tidak mau pakai popok lagi,
dia sudah tidak mau digendong lagi,
dia sudah lancar naik sepeda, goes sana, goes sini, belok, muter, kayak dia udah bisa naik sepeda dari kapan tahu,
dia sekarang sudah tidak perlu mandi pakai air hangat,
dia sudah tidak perlu makanan nasi ala tim,
Sekarang dia tidak ngompol lagi waktu malam
Sekarang dia tidak bangun tengah malam lagi untuk minta susu
Dia sudah bercakap cakap dengan panjang lebar
Keiko sudah nyanyi sekarang, ( tik tik, bunyi hujan, topi saya bundar, satu satu, aku seorang kapiten, burung pipit yang kecil , dan beberapa lagu yang msh loncat loncat nyanyinya ), dari yang tadinya saya kira dia sama sekali gak suka nyanyi, krn humming aja gak mau.
Dia sangat sangat menyukai buku J
Dia mulai mau membereskan mainannya
Dia menyukai ritual tidur malam kami…bahkan dia kini meminta untuk membaca buku dan berdoa sebelum tidurJ
Dia sudah dapat mengenali warna dengan jelas, menghitung dengan tepat until 13, ( hi..Hi..)
Dia sudah tahu jadualnya sendiri…J
Terima kasih Tuhan…hanya karena pertolongan Mu saja, kami bisa melewati semuanya dengan baik.Kalau di ingat ingat 1 tahun ke belakang, adalah masa masa paling berat, ketika Keiko belajar jalan,dan jalannya yang sempoyongan, ber alih makan dari halus ke kasar , sampe dia sempet mogok makan.Saya juga harus berhadapan dengan emosinya yang cenderung turun , naik, tiba tiba happy, next time dia bisa nangis selama berjam jam. Berjuang untuk tetap strict to the rule untuk punya jadual, membiasakan hal hal yang baik semenjak ia masih baby ( even, banyak orang lain, yang bingung sama saya, knapa baby, py jadual include my mom, ) But now…saya bisa bernafas dengan lega, apa apa yang saya lakukan berbuah manis. Terima kasih Tuhan…
Tapi..PR saya juga banyak banget,
 Keiko kalau minum susu sampai sekarang harus pake botol
Belum lagi…soal ngisep jempolnya, dan yang gak bisa lepas dari selimutnya
Makannya yang seperti burung…dikit dikit gak karuan ( kok beda banget sama mamanya yang hobby makan )
Sikapnya yang kadang terlihat kasar, terutama gerakan tangannya
Gak kuat ngeliat dia kalau lagi ngambek, lempar lempar badan..kadang sampai muntah L
Kalau lagi keluar ngototnya….
Hadeh…
Tapi, kami yakin…dengan pengalaman yang sudah sudah, semuanya bisa lebih baik, mungkin tidak secepat yang kami mau, tapi dengan didikan yang terus menerus, dia akan menjadi lebih baik.
Saya sangat mendorong, bagi kita orang tua untuk selalu membiasakan anak anak hidup teratur dan terjadual, punya kebiasaan baik dari kecil, dan juga belajar tentang nilai nilai spiritual dari kecil. Segala sesuatunya  akan jauh lebih baik dimulai sedari kecil, tapi harus diingat juga untuk tidak terlalu pushy , dan berharap anak akan menerimanya begitu saja…kadang butuh months untuk bisa menerapkan sebuah peraturan baru, kami bisa punya ritual tidur tanpa harus ada yang nangis ( kalo bukan Keiko, ya saya, karena lama sekali baru bisa tidur ) butuh waktu bulanan, mungkin ada anak yg ditraining seminggu sudah langsung bisa ( how lucky ), maka anak anak sudah bisa tidur dengan baik, tapi dengan Keiko , cenderung lama, begitu juga dengan tidur tanpa popok, awalnya tempat tidur pasti becek ( krn pipisnya ) jadi saya selalu bilang , kalau mau pipis bilang…kalo mau pipis bangun…akhirnya sekarang…tanpa popok lagi, kalau tidur malam, juga begitu soal susu tengah malam, yang akhirnya sudah berhenti, saya pernah ngomong sama ibu ibu, anaknya laki laki yang berusia 5 tahun , masih ngompol dan juga minum susu tiap malam, tidak mau makan , makanan kasar, well…saya rasa , anak tadi di biarkan terus. Pada awalnya pasti, dan selalu ada perlawanan…tapi…anak anak pada dasarnya suka pada keteraturan dan stabilitas, jadi jika kita terus men training sooner or later dia akan menghentikan kebiasaanya. Rasanya tidak terbayang saja, jika Keiko masih ngompol , dan minum susu tengah malam sampai umur 5 tahun.
Kalau kita working mom, jangan…pesimis…kita juga tetap bisa mendidik anak anak  dan mentraining anak dengan baik, dengan dua syarat, mencari pengasuh yang baik, yang kedua begitu kita pulang kerja atau libur, anak harus spent time dengan orang tua. Jika kita memiliki pengasuh anak yang baik, maka mereka akan mengikuti aturan yang telah kita buat, ( bukan yang anak buat ) dan lihat progressnya, saya bahkan cenderung untuk meminta para working mom ini mempunyai semacam buku yang menjadi guidenya pengasuh tadi. Apa apa yang harus dilakukan, apa yang boleh, dan tidak, ( namanya orang kalo diomongin aja, pasti sering lupa) better di tulis ya mom…
Saya masih menanti hal hal yang baik, yang saya yakin, coming soon, tapi saya bersyukur dengan progress yang telah di buat oleh Keiko. Bagaimana dengan Mommy yang lain? Mari share…supaya kita bisa lebih di kuatkan untuk bisa latih anak, dalam memiliki kebiasaan baik.
Sabar…serta terus menerus itu adalah kuncinya

4 komentar:

Welly Lokollo mengatakan...

Keiko udah tambah gede, tambah pinter pula :)

marthavina mengatakan...

Terima kasih tante Welly...Iya, Keiko dah gede...Puji Tuhan ,udah gak bisa di liat kayak bayi lagi,udah bisa di ajak ngomong, dah bisa protes , dah bisa diajak becanda. Hi..hi..ehemm..ehem..kpn nyusul??? :))

Mega mengatakan...

Baru kemaren mbak aku ngomong saama tanteku, gak kerasa banget deh, waktu aku pertama kali ikut tanteku, anaknya si Vio baru bisa tengkurap, sekarang umurnya udah 2 tahun, lagi aktif-aktifnya tuh mulutnya, hahahaha. Belajar ngoceh gak ada habisnya, udah bisa lari sana lari sini, padahl dulu tiap diajak belajar jalan tereak-tereak ketakutan, hahahahaah.

marthavina mengatakan...

Iya Mega...Time Flies...kadang pingin freeze the time, spy gak terllau cepet lewat,tp kayaknya imposible bgt ya...makanya saya berusaha belajar buat nikmatin waktu..feel content, gak worried so much about future. Keiko lah pengingat saya yang mumpuni, gmana cepetnya waktu itu terbang, coz she is grown up so fasssssttt