Rabu, 27 Februari 2013

Hari Doa Alkitab 2012 ( Dalam Tuhan tidak ada yang sia sia )




Beberapa bulan yang lalu, saya di minta oleh teman teman sepelayanan sekolah minggu buat membawakan firman dalam rangka Hari Doa Alkitab. Dengan Tema Didalam Tuhan Jerih payah mu tidak sia sia.Pada kesempatan Hari Doa Alkitab tersebut anak anak belajar tentang penyebaran Alkitab terutama di Indonesia. Dan pada tahun 2012 bulan September kemarin kami berdoa buat suku Dayak Maanyan yang ada di Kalimantan Tengah, kami berdoa untuk penyebaran Alkitab dan juga untuk penterjemahan Alkitab kedalam bahasa Dayak Maanyan . 

Anak anak di ajarkan untuk dapat membantu pewartaan Firman Tuhan, Bahwa pekerjaan Tuhan yang sangat besar ini pun sangat membutuhkan anak anak sekolah minggu,yang nota bene masih kecil kecil, bahwa siapapun bisa membantu pekerjaan kerajaan Allah, tidak hanya orang dewasa, bahkan anak anak pun bisa….
Caranya dengan berdoa , untuk orang orang yang bekerja sebagai penterjemah supaya diberikan hikmat serta kebijaksanaan, serta kesehatan dan juga berdoa tentang dana yang dibutuhkan.
Pada kesempatan itu juga kami mengajak anak anak untuk memberikan persembahan yang akan di berikan kepada Lembaga Alkitab Indonesia yang diperuntukkan bagi penterjemahan Alkitab bagi suku dayak maanyan.Anak anak diajak mengenal kebudayaan mereka, bahasa, bahkan tarian mereka.
Firman yang Lembaga Alkitab Indonesia kutib untuk Hari Doa alkitab diambil dari Lukas 5 :17-26

Ini adalah bible story yang Keiko hapal bgt,dan juga mamanya hapal bgt, pasalnya setiap mau tidur kami sering bgt baca story ini, saya bacain buat keiko dari Cerita Alkitab Pengantar Tidur yang ditulis oleh Sophie Piper and Estella Corke

Sebenarnya niat bgt mau nulis tentang acara ini di blog, Cuma entah kenapa draftnya berubah mulu, tapi pas hari senin kemarin kakak pengasuh sekolah minggu tag saya di FB ( thx kakak siska ), foto foto ketika HDA kemarin. Dan terus terang Firman itu bawa Berkat BGT buat saya pribadi, dan impactnya juga buat keluarga kami.

Seorang lumpuh yang di sembuhkan oleh Tuhan Yesus, karena perjuangan pantang menyerah dari teman teman yang mengusung si lumpuh. Saya seperti melihat kejadian itu dengan jelas…
Seseorang yang lumpuh, yang benar benar mendamba untuk dapat hidup normal, dan si lumpuh tadi tahu siapa yg bisa membuatnya normal yaitu Tuhan Yesus , dia beriman sungguh, ketika ada kesempatan untuk boleh melihat Tuhan Yesus , si lumpuh meminta bantuan teman temannya untuk menggotongnya untuk bertemu Tuhan, namun apa daya..ketika sampai di tempat Tuhan Yesus mengajar mereka dilarang masuk..karena sudah penuh sesak tempat nya. Namun ..apa yang terjadi, teman teman si lumpuh membawa si lumpuh untuk keatas atap rumah tersebut, membongkar atap rumah dan menurunkan si lumpuh to meet our Lord Jesus…it bring tears to my eyes..

Teman teman si lumpuh tidak menyerah…untuk membawa temannya agar dapat sembuh. Dan di ayat 20 Ketika Yesus melihat iman mereka , berkatalah Ia : hai saudara, dosa mu sudah diampuni.
24 : Berkatalah Ia kepada orang lumpuh itu ,kepada mu Ku katakan bangunlah,angkatlah tempat tidurmu,dan pulanglah kerumahmu
25 : Dan seketika itu juga bangunlah ia, didepan mereka, lalu mengangkat tempat tidurnya, dan pulang kerumahnya sambil memuliakan Allah.
Luar biasa…
Tuhan Yesus tidak hanya memperhatikan iman orang si lumpuh,namun ia juga memperhitungkan teman teman si lumpuh, jelas terlihat pada ayat 20 : Ketika Yesus melihat iman mereka
Betapa beruntungnya si lumpuh memiliki teman teman yang baik yang mau membantunya dan tidak pantang menyerah, apa jadinya ketika mereka dilarang untuk masuk dan mereka langsung pulang begitu saja? Namun iman teman teman si lumpuh membawa si lumpuh pada kesembuhan, praise the Lord….
Jerih payah mereka sungguh tidak sia sia, hari itu mereka menyaksikan mujizat, hari itu mereka pulang dengan memuji Allah, hari itu mereka bersuka cita karena teman mereka dapat sembuh dari lumpuhnya, hari itu Tuhan Yesus telah melihat iman mereka dan memperhitungkannya…
Dalam Tuhan tidak ada yang sia sia, pekerjaan sekecil apapun…dan saya mengamini akan hal itu
Lewat HDA dan firman yang disebarkan saya mengajak anak anak untuk membantu sesama, terutama dalam hal pekerjaan kerajaan Allah, dalam hal ini menterjemahkan Alkitab, Jesus know our capacity , as a child kita bisa membantu dengan doa yang tulus dan juga memberikan dalam bentuk persembahan kolektif ( gak ada yang sia sia…)

Itu juga yang saya pegang selama ini..
Dalam mendampingi suami, dalam mengasihi dan mengajar Keiko, dalam pelayanan, dalam berusaha, dalam bersosialisasi… Mungkin apa yang bisa saya lakukan tidak Extravagant.. namun saya percaya jika saya melakukannya dalam Nama Tuhan Yesus dan juga hati yang tulus bersih, jerih payah saya tidak akan sia sia. 

Kebanyakan dari rekan rekan pengasuh sekolah minggu yang ada sekarang , adalah anak didik saya couple years ago…, jadi waktu , pikiran dan juga tenaga yang saya curahkan dulu dalam pelayanan sebagai guru sekolah minggu sungguh tidak sia sia..( walaupun dengan segala kekurangan saya ) 

Hal itu lah yang membesarkan hati saya ketika saya mendidik Keiko menjadi seorang anak yang Tuhan inginkan , ( dan tentunya mendidik diri saya sendiri menjadi yang Tuhan inginkan ), bahwa jerih lelah saya akan di perhatikan oleh Allah..
Praise the Lord..

Terima kasih Tuhan buat kesempatan yang KAU berikan dalam pelayanan di Hari Doa Alkitab kemarin dan juga affirmasi Yang Tuhan berikan pada saya..
Bahwa didalam Mu , Tuhan…semua yang ku kerjakan ini ( even kecil sekali ) tidak akan pernah sia sia.

Tidak ada komentar: