Selasa, 26 Maret 2013

Aktivitas anak Buat Liburan yang Murah meriah




Maret ini …Keiko masuk term ke 4, tiap 3 bulan sekali si unyil terima report, dan seminggu kemarin dia libur, sekarang udah mulai masuk sekolah lagi, masuk ke term 4, gak terasa Keiko dah mau setahun sekolah, July ini dia akan jadi anak K2.
Progress Keiko meningkat dengan tajam, tidak hanya report dari gurunya tapi juga dari apa yang saya hadapi di rumah.
Saya begitu happy jika dia tekun menghadapi pelajaran, ( even short time ) ala anak anak
Sebenarnya saya gak mau tambahin dia untuk belajar di rumah, hanya saja dia selalu minta, jadi saya ulang apa yang dikerjakan di sekolah juga menambahkan hal hal yang saya rasa perlu untuk Keiko ketahui.
Seminggu liburan rencananya mau pergi luar kota, tapi..kemudian “berantakan” karena Papanya harus dinas luar kota.

Jadi saya merancang aktivitas yang menyenangkan buat kami berdua.Ternyata seminggu liburan di rumah , cepat sekali selesainya, dan yang paling penting Keiko enjoy sama liburnya.
Ini adalah beberapa hal yang kami kerjakan during liburan Keiko, hope bisa jadi sumber inspirasi buat para mama untuk isi quality time dengan buah hati. Seperti during weekend, jadi gak perlu untuk pergi keluar rumah sebagai hal yang wajib.
Slain bonding makin kuat, aktivitas ini pun bisa jadi suatu penghematan yang ampuh, dan juga pembelajaran yang baik buat anak anak untuk dapat menyibukkan diri di rumah, ada hal yang menyenangkan yang bisa dia kerjakan dirumah, dan bonusnya bikin anak makin kreatif.

Oya..sekedar imbauan.. mungkin bikin aktivitas bareng anak pada mulanya gak terlalu fun seperti yang kita harapkan, atau anak anak malah gak mau ambil bagian, wajarlah...namun kalau udah di lakukan beberapa kali , dijamin anak sendiri yang nagih 

Hari Pertama , aktivitas kami adalah cuci, cuci , bersih bersih :)

Kami mencuci smua boneka keiko…ini  bukan pekerjaan mudah, bonekanya lumayan banyak yang terbuat dari kain, jadi saya membaginya dalam 2 kali kegiatan, modalnya Cuma sabun colek, sikat kecil ember ember besar, serta kesedian buat basah kuyub….;), kegiatan ini lumayan sukses buat kami berdua, hampir dua jam , kami membersihkan dan mencuci boneka boneka , sampai membersihkan halaman belakang . Hampir semua anak anak menyukai main sama air, saya dan Keiko sering membersihkan mainannya disini, yang pastinya end up dgn basah kuyub, biasanya saya skalian bawa handuk,sabun plus shampoo buat kasih mandi Keiko. Karena kecapean dan kedinginan abis itu dia bisa makan serta minum susu dengan jumlah yang maksimal dan di lanjutkan dgn bobo siang…;)
 








Hari kedua, Keiko nagih janji mamanya buat bikin kue…  
                                                
Jadi,, kami kedapur dan bikin deh kue yang gampang buat dia bikin dan juga buat di “banting banting” roll up the dough, lagunya barney langsung Keiko nyanyiin, beberapa kali memang masak , terutama bikin kue adalah aktivitas paling fav.nya Keiko…bahkan ada buku yang dia suka bgt buat baca berulang ulang atau sekedar buat di liat liat, 
                                                  





terus kalau ada buku cerita anak anak yang gambar dapur, sambil masak Keiko itu suka bgt ! dia selalu bilang kayak Keiko sama mama ;)


Well ini bahan bahan kuenya,                        
150 gr mentega
75 g gula alus
1 butir telur
1 sdm susu
300 g tepung terigu
1sdt baking powder
Wafer
Kacang kenari cincang buat taburan.
Caranya
Semua bahan dicampur, lalu gilas adonan, diatas adonan yang pipih, tinggal ditaro wafer, dan kemudian smua wafer di tutup sama adonan…, dan kemudian di balur pake kacang kenari, di panggang pake oven sekitar 20 menit, jadi deh
Wafernya bisa rasa apa aja, kalo bisa sih yg kecil, tapi karena stock di rumah adanya yg gede jadi kami pake yg gede
Dan ini hasilnya… ( lumayan buat cemilan )

Aktivitas  hari Ketiga Membuat Kartu              
                                                  



Bahan bahannya…
1.       Kertas karton( karena saya ingin manfaatin kardus kardus bekas susu..jadi saya pake kardus bekas susu, dan di potong sesuai ukuran)
2.       Kertas kado buat nutupin kardus susu bagian luar ( kertas kadonya juga , kertas kado yang bekas )
3.       Kertas Hvs warna untuk bagian dalamnya
4.       Serta gambar gambar lucu yg bisa di temple di kartu ucapan ( saya mengambilnya dari kertas kado yg sama )
5.       Lem, gunting ,double tape
Keiko seneng bgt…, dia udah menghayal buat kasih kartu ini, buat temen yang mau ultah.Saya memang sangat suka sama yg namanya kertas kado..jadi kalo suami, saya atau Keiko dapat kado..kertas kado bekasnya gak pernah saya buang..saya selalu manfaatkan buat bikin sesuatu,
Jadi ini adalah apa yang kami buat bersama


Hari Ke empat kami bikin buku

Lagi lagi bahannya dari barang bekas.
Untuk bikin buku bareng anak anak ( terutama young age ) kayak Keiko, beberapa hal harus di siapkan terlebih dahulu…, seperti Bukunya..dan kemudian, isi dari buku itu..
Isinya bisa macem macem..tentukan saja temanya, apakah tentang karakter seperti barney..princess atau a,b,c or 1,2,3, setelah menentukan temanya, tinggal cari bahan bahannya, buku buku yang pernah kami bikin itu berasal dari majalah majalah keiko yg udah ancur ancur, karena gambarnya lucu lucu, sebagian yang bisa dimanfaatkan saya gunting, dan kemudian kami temple jadi buku..
Tapi kemarin saya dapet sumber yang bagus bgt untuk bikin buku dari : Blog 1+1+1=1
Dari Blog 1+1+1=1
karakternya dora, jadi saya Cuma tinggal print doank, dan jadi deh.Saya byk BGT dapet ide dari blog ini untuk bikin aktivitas anak anak. 


Aktivitas Hari Ke lima kami melukis…

Namanya anak anak pasti suka BGT kalau mewarnai, biasanya Keiko pake kelir, 

Cuma kemarin saya kasih hadiah untuk Keiko, cat air yang aman buat anak anak…
Jadi inilah hasil karyanya …


Aktivitas Hari ke enam
Berenang…. ( siapa yg gak suka????? ) Keiko exitedddd BGT

Pls deh Keiko...jgn jauh jauh..

Aktivitas Hari ke tujuh

Melahap buku buku cerita yang blom sempet di baca..
Kemarin sempet beli seri bergambar little house, saya dan Keiko puas membaca dan melihat lihat , dari 14 buku , yang paling ia suka buku dgn judul Rumah Kecil di padang Rumput dan Ulang Tahun di Rumah Kecil, kalau liat gambar gambar di halaman buku ini dia bisa nanya macem macem, dan bisa berhenti lama di halaman ini


Dan…Hari senin..Keiko mulai sekolah lagi..so Happy bisa make memories sama Keiko..even saya bukan mama yang home schooling anak, tapi seneng bgt bisa kasih Keiko aktivitas daily atau pun pas hari hari dia libur.

So mama…lets having fun sama anak anak ya..

My little one ready to go back school again...Have Fun Dear :)

1 komentar:

WOWART LEARNING mengatakan...

Kreatif BGT, two thumbs up (y) (y)