Kamis, 18 Oktober 2012

Raport Pertama Keiko


Xi..xi..Keiko dapat raport
Tanggal  5 oktober kemarin Keiko dapat Raport :D
Sebenarnya…itu laporan pertiga bulan bagaimana perkembangan sekolah Keiko.
Jadi bagaimana dengan perkembangan sekolah nya ?
Note dari Teacher nya  :
Basically, Keiko is a good girl. She can follow the lesson in the class, especially in practical life exercise. However, she needs to be encouraged to follow the lesson in written. Keep practicing Keiko…
Peluk buat Keiko…
Sebagai orang tua, saya patut berbangga dengan Keiko..
Dia anak yang pandai bergaul , sangat aktif, willing and eager to learn, she wants to know almost about everything. Dia juga anak yang tidak malu mengekspresikan sesuatu.If she is happy she will be jumping all around, and if she is sad..she tell us. Hal ini lah yang sangat saya butuhkan, ekspresi Keiko adalah cara saya untuk menjaga nya. Kelak…ketika dewasa, dan ada beberapa beban yang mulai di pikulnya dia tidak akan malu buat sharing sama mama dan papanya. Hope my expressive little daughter, will stay the same.
Kesehatannya juga merupakan hal yang begitu membanggakan. Sepanjang 3 bulan ini, sejak dia masuk sekolah, tak ada gangguan penyakit yang terlalu mengkhawatirkan, sungguh tidak bermaksud untuk bermegah diri sebagai mamanya, namun dibandingkan dengan temannya, yang terkadang tidak masuk sekolah, absen Keiko 100% full.
Kemunduran emosional Keiko juga sudah mulai terkontrol, dia dapat mengikuti ibadah di gereja, sekitar 45 menit ( duduk ) its amazing for me..juga dia sudah bisa merasakan tidak enaknya, ketika punishment diberlakukan. Jadi dia mulai mikir kalau dia mulai out of control dia tahu konsekwensi apa yang akan dia dapatkan,saya rasa punishment and reward itu jika di jalankan akan positive dampaknya.Namun begitu, Keiko tetep anak anak ( saya harus keep that in mind ), sometimes.. Keiko juga sangat moody , pergerakan emosinya lumayan tinggi. Jadi…saya berjanji  bekerja sama dengan gurunya untuk kompak memberikan kedisiplinan sama Keiko.
Seperti yang selama ini saya lihat, secara social Keiko adalah anak yang pandai bergaul dan juga sangat suka bergaul, sangat aktif..motorik kasarnya bekerja dengan baik ( dia menonjol dalam hal ini )
Namun Keiko juga punya kekurangan…konsentrasinya pendek. Mudah untuk di distract dan kurang sekali  kemampuan di motorik halusnya, yaitu dalam memegang sebatang pinsil, untuk mencoret warna ataupun mencoba untuk menulis . Semuanya masih tergantung mood. Ada kalanya dia benar benar tidak mau belajar.  Untuk hal ini “Kekurangan Keiko “, sangat terlihat. Dia keras… gurunya pun mengakui akan hal itu, saya pernah mencobanya untuk memaksanya menulis and it didn’t work…Segala cara sudah saya kenalkan untuk dia bisa menyukai kegiatan menulis, but so far..hasilnya belum ada. Jadi saya mengajarkan sesuatu, ketika saya rasa Keiko sedang mood untuk belajar, dan karena konsentrasinya pendek, saya melakukannya hanya sekitar 10 sampai 15 menit.

Sebenarnya saya gak puas dgn “hasil” keiko. Saya merasa Keiko bisa mendapatkan lebih. Tapi..belum saat nya saya push Keiko.
Saya harus ingatkan diri saya berulang ulang , kalau tujuan Keiko sekolah saat ini adalah untuk bersosialisasi, berteman, belajar untuk mandiri, dan melakukan basic life , dan saya harus sadar, Keiko jg anak paling kecil di kelasnya…Untuk urusan calistung, saya harus bersabar, mungkin dia tidak sepesat teman temannya dalam hal ini, tapi Keiko mempunyai kelebihan dalam hal lain.
Tuhan...Ingatkan saya selalu, untuk melihat kelebihan Keiko, dan bukannya focus pada kekurangan Keiko. Kekurangan Keiko, akan kami perbaiki secara perlahan .Dan kelebihannya akan terus di kembangkan, dan bersinar.
Sebagai orang tua kita memang cenderung worried tentang berbagai hal ,dan yg paling banyak di keluhkan orang tua yg anak anaknya sudah mulai sekolah adalah kemampuannya dalam hal calistung (baca, tulis , berhitung ), dan biasanya parents lebih mudah melihat kekurangan anak dibandingkan dengan kelebihan yang di milikinya, terkadang seperti sinar matahari yang tertutup tangan, kita cenderung memberlakukan hal tersebut pada kelebihan anak kita.
saya gak mau menutup sinar matahari dengan tangan saya...saya ingin sinar matahari itu terus bersinar dan menghidupkan banyak mahluk.
Keiko..keep shining 'Nak ku..
Mama Will help you..
God Pls help me, and my husband to guide our little girl..so she can shine like YOU always wanted, pls...let her emotion more stable, and let her have heart to learn and Joy to learn.
The most important , give us Your wisdom and patient, to raise Keiko

4 komentar:

Mega mengatakan...

Every child is special mbak ^^ Keiko spesial, gak ada anak lain yang kayak dia, gitu juga sebaliknya. Dan Keiko pasti bersinar makin terang, karena dia punya Tuhan Yesus, mamah dan papah yang hebat d^^b Salam buat Keiko ya mbaakkk...

marthavina mengatakan...

Terima kasih Mega.....kami para orang tua memang sellau butuh untuk di ingatkan, terkadang we push and ngarep yang muluk muluk, kadang..kekurangan anak kayak gajah, dan kelebihannya kayak semut. hufff...( so we are parents need to be remaind all the time ), btw..Mega..aku gak bs komen di blog Mega, knapa ya ? tapi HEBAT....bener deh acara masak masaknya. Jempol buat Mega

Mega mengatakan...

Jadi malu dibilang hebat, itu kepaksa mbak, hahaha... Eh, aku baru aja nonton film India yang judulnya Every Child is Special, buagussss banget mbak, tentang anak yang kena disleksia, trus ortunya gak nyadar anaknya kena itu, jadi nuntut macam2 dah dari anaknya,trus pake dipindahin sekolah asrama gara2 dianggap ngelawan, ternyata di sana ketahuan kelainannya, dan ada gurunya yang kerja keras buat anak itu menyadari kemampuannya yang lain, dan gak maksa kayak orang tuanya nuntut dia harus sama kayak anak lain, keren deehhh... d^^b
wah, ga tau aku mbak napa gak bisa komen, lagi eror kali bloggernya ^^'

marthavina mengatakan...

xi..xi..iya, aku juga dah tau neh soal dialeksia, ada jg beberapa selebrity yg dialeksia, hope sih gak, dan memang msh terlalu muda jg sih buat push keiko..mamanya kudu belajar sabar.Thx buat sharenya ya Mega.. :)