Rabu, 03 Oktober 2012

Bukan Pertapa

Siapa bilang jadi pertapa itu sulit? Ternyata saya bisa menjadi seorang pertapa yang baik. Beberapa hari gak nonton tv, gak denger radio, gak pegang bb,gak pake hp, gak pake internet, gak baca Koran.Saya kayak terputus dari dunia luar, tapi herannya saya kok, malah terasa bahagia bener. Rasanya peace full  bgt.
Kemarin, saya sempet “over load” rada tertekan juga, ngejalanin usaha yg harus siap sedia dgn smua perangkat komunikasi itu. Tiap hari saya kirim email, ngecek email, jawab email, ngecek bb, liat sms, jwb telfon dari orang ( terkadang Cuma Tanya Tanya doank, gak jelas kelanjutannya xi..xi..) well its my risk . Saya seperti gak bisa lepas dari smua perangkat itu. Saya juga diserbu banyak sekali informasi, dari krisis financial di eropa, BUMI yang mau di jual sama pihak asing, harga batu bara yang turun akibat krisis eropa, bayi di culik di rumah sakit, maraknya tawuran sampe ada yg kebunuh, krisis air yang melanda karena kemarau panjang,blom lagi kasus kasus korupsi , dan yang terbaru adalah saat ini…Demo gede gedean buruh, wuih….cape…
Karena begitu terima informasi, mau gak mau otak kita mikir, saya hari ini mikir, hope demonya berlangsung damai, gak ricuh..dan akhirnya ada titik temu soal masalah yag di demokan yaitu outsourcing . Ternyata apa yang kita denger dan liat itu emang sangat berpengaruh dgn cara kita berpikir dan menyikapi sesuatu..tiap hari saya di bombardir dgn informasi itu bikin saya:
1.       Apatis..
2.       Kadang malah terbawa emosi
3.       Memiliki Kekhawatiran yang berlebihan
4.       Dan yg lebih parah..komentar yg kluar dari mulut saya, juga luar biasa mencengangkan, kadang saya berkomentar…”Bego amat sech ‘ni org” @*@ ( aihhhhh…)
Tapi…apa saya mau hidup menjadi pertapa di dunia? dgn “lepas hubungan “ dari planet bumi ini, dgn meng cut smua informasi yang ada. Gak bisa juga sih, mungkin bisa saya lakukan barang 1 apa 2 hari, tapi seterusnya dan berpura pura gak tau dgn apa yang terjadi juga gak baik ( entar saya kayak orang yang hidup di dunia khayalan )
Kalo segala sesuatu itu perlu seimbang, baru bisa masuk akal. Jadi..saya putusin gak jadi pertapa ( walopun enak, tapi gak bisa bow…) harus seimbang. Selain berita tentang suramnya perekonomian dan carut marutnya dunia pendidikan kita karena tawuran kmrn, tapi…ada juga informasi yang menyejukkan jiwa..tentang siswa siswa yang berprestasi di Mataram, dgn banyaknya siswa yang berprestasi dan di kirim keluar negeri, ada juga kisah dari seorang tukang sayur di Taiwan yang bisa membantu banyak orang lewat pekerjaannya, orang orang cacat yang tetep semangat ngejalanin hidup, bahkan di german mereka menciptakan teknologi yang bisa di pergunakan bagi orang orang cacat ( yang memakai kursi roda ) untuk tetep bisa traveling, atau kisah kisah Ibu Rumah Tangga yang sukses bekerja di rumah, dan memiliki penghasilan yang layak, walaupun di tengah kelesuan perekonomian. Hal hal positive itu pun harus saya konsumsi dan baca tiap hari.
Dari apa yang saya alami kemarin, ternyata manusia modern sekarang memang cenderung lebih mudah terpapar sama stress karena banyak nya beban informasi tadi. Saya juga begitu. Sampai pada beberapa minggu kmrn saya cape karena banyaknya informasi yg masuk dan juga ketergantungan saya sama gadget gadget ini…membuat saya  menyingkirkan smuanya. Dan ternyata enak juga, menikmati hidup tanpa di ganggu dengan hal yang sangat membebankan pikiran,tapi..gmana pun saya mahluk social, saya ada di dunia bukan untuk menyenangkan diri saya sendiri, dan membebaskan diri saya melihat penderitaan dan kesulitan yang ada. Tapi gmana saya bisa berkontribusi secara positive ( even dgn hal sekecil apapun ) untuk sesama saya .
Lagi pula gmana caranya saya bisa usaha dari rumah kalo saya gak rajin mempromosikan diri lewat email dlsb, yang otomatis membuat saya harus terpapar tiap hari dengan internet dlsb.Jadi..saya putuskan untuk belajar buat mengelola informasi yang saya dapatkan, untuk  bisa menghasilkan sesuatu yang positive. Dan juga wise serta disiplin dalam menggunakan waktu untuk “terpapar” dengan banyaknya siraman informasi tadi.
Hope dgn tips keseimbangan tadi…saya gak perlu jadi pertapa lagi.


                                           

2 komentar:

Mega mengatakan...

percaya gak percaya mbak, sebulanan ini aku liat TV bisa dihitung dengan sebelah jari tangan ^^ maklum, pindah ke rumah baru, blom punya TV, dan emang damai banget. seringnya dulu, gak pengen nonton tv, tap ngidupin tv supaya gak sepi, hehehe. sekarang merasakan ternyata tanpa tv, tenang-tenang aja, nyantai aja, jadi punya banyak waktu melakukan hal lain. untuk berita, jadi lebih ngandalin internet si.

hidup seimbang ma gak gampang ya mbak, karena kita punya kecenderungan tertentu, lebih suka ini daripada itu, lebih milih a daripada b, hehehe.

marthavina mengatakan...

wah...Mega selamat ya buat Rumah Barunya, hope di rumah yang baru ini, Mega jadi makin semangat buat jalanin hidup..dan makin leluasa untuk berkarya dan ber miSSi :D, dan jgn lupa untuk tetep balance dalam hal apapun, sukses buat smuanya ya say..:)