Senin, 19 November 2012

Teladan Orang tua


Belakangan saya banyak memperhatikan tingkah laku Keiko..terutama ketika suami saya suatu saat berkata.” Liat..Keiko persis banget mamanya kalo lagi marah, tangannya diacung acungkan..”. Saya Cuma senyum waktu suami bilang gitu…Tapi bener banget deh, kalo Keiko lagi ngomel, dia tuh kayak saya..yang ngacung ngacungin tangan kayak orang lagi deklamasi, dengan intonasi yang juga menyerupai.
Ternyata bener banget, anak tu niru banget kebiasaan kita, tingkah laku kita.
Kayak gini..
Suatu pagi Keiko sama si bibi lagi didapur, saya lagi siapin keperluan suami buat ke kantor.
Keiko : Bibi lagi apa ?
Bibi : Bibi lagi masak Keiko
K  : Keiko bantuin ya..
B : Boleh..ini aduk aduk yang ini aja ( sambil ngasih adonan tepung, buat bikin tempe mendoan )
K : aku yang mau goreng
B : eh..Keiko gak boleh goreng..ini panas minyaknya, nanti kalo kena keiko bisa sakit.
K : Bibi..! aku mau goreng, aku gak mau aduk aduk, bibi..! kalo dibilangin Keiko nurut ya…!!!! ( tepok jidat )
Keiko ngomong gitu sambil acung acungin tangan..intonasinya persis seperti saya, kalo saya lagi marah sama Keiko.
Memang..gak selalu seperti itu…tapi rupanya yang terekam baik di benak Keiko adalah saat saya melarang dia melakukan sesuatu dengan acungan tangan dan juga ekspresi wajah serta suara yang tinggi, yang kemudian dia maknai sebagai bentuk “ketidak sukaan dan larangan dari mamanya terhadap yang keiko lakukan”
Ok..i learn my lesson..next time saya gak boleh ngomel sambil acung acungin tangan ataupun pake intonasi yg tinggi bgt( pls GOD remind me )soalnya, ngeliat keiko gituin Bibi, rasanya gak enak, gak sopan, gak pantes,  Berarti…Keiko jg ngerasain hal yang sama, dia ngerasa gak enak dimarahin mamanya dgn cara spt itu.
Ato…sebuah cerita lagi, kali ini antara saya dan suami .
Saya : Pa…itu kayu dibelakang kok gak di benahin sech???? Kan dah lama??? , itu kayu mau diapain ? tolong deh, besok sabtu pas libur, entah di buang, dikasih orang ato dibikin apa, yang penting jangan berantakan gitu donk..
Suami : emm….
Saya : Ya pa….denger kan  apa yg ku bilang?????!
Suami : emmmm…
Saya : heran..kok jwbnya gitu doank ( sambil ngeloyor pergi, sebelum emosi makin tinggi )
Waktu itu Keiko lagi asyik coret coret di kamar mainnya.
Suatu saat percakapan model “emm”  antara saya dan suami terulang lagi, tapi kali ini antara saya dan Keiko.
Mama : Keiko…Ya ampun..ini berantakan banget sih, kenapa kertasnya di gunting gunting gini..? ini harusnya di warnain, bukan di gunting…ini juga lemnya knapa blepotan kayak gini, belom lagi kelir kelirnya, ayo beresin…
Keiko : emmm… (sambil terus asyik ngegunting…)
Mama : Keiko denger kan kata mama…
Keiko : emmm….
Sebelom saya emosi jiwa , saya kabbbuuurrrrrrr….

Keiko..benar benar meniru kedua orang tuanya!!!!!! ( herannya knapa ya….yang ditiru itu yang jeleknya doank???????????)
Padahal saya sering kasih tahu Keiko, untuk sopan sama siapa pun…gak boleh galak galak sama siapapun.., dan dengan manis dia akan bilang “iya..mama”
Sepertinya missi saya selesai, menciptakan anak yang penuh sopan santun…eh, tapi begitu dia gak suka sesuatu, dia mulai galak lagi….( hadeh…)
Ternyata teladan hanya di mulut gak seberapa long last..dibandingkan dari teladan perbuatan itu sendiri.
Sebagai anak pun..saya banyak mencontoh teladan perbuatan kedua orang tua saya.Hanya sedikit lah kata kata dari mereka yang masih membekas di ingatan saya..tapi jika teladan perilaku mereka, sampai sekarang tetap saya ingat. Bahkan tanpa sadar terus saya praktekan. Tadinya saya gak ngeh…tapi Keiko (sekali lagi) Keiko ngebuka mata saya tentang hal ini, Hope..saya punya banyak teladan perbuatan terpuji yang bisa saya turunkan lewat perbuatan saya, dan juga suami saya, pada anak kami.
Banyak contoh Teladan dari Bapak saya yang saya ikutin sampai hari ini, antara lain :

1.Hobby Nulis ini, bikin Jurnal…mencatat semua peristiwa, suka bikin kliping…dll, adalah benar benar teladan dari Bapak saya,Bapak orangnya sangat rapih administrative, saya pernah di tunjukkin jurnal Bapak, waktu kita masih kecil kecil. Waktu itu kami ber3 ( anak anaknya ) sering bgt sakit, hampir tiap minggu pd bolak balik rumah sakit, Bpk catet semuanya dari biaya dokter, rumah sakit, jam, tgl, sakit apa, Bapak juuga suka banget dokumentasikan suatu peristiwa, jadi foto2 di rumah, dibelakangnya biasanya ada note notenya.
2. Bapak suka banget baca, hobby baca pun saya dapet dari bpk, saya memperlakukan buku buku saya udah kayak “harta”.Dulu..kita sering diskusi soal buku.Bahkan buku buku Bapak dari zaman SMA dulu di Medan, sampe sekarang masih ada, gak kemakan rayap………!!!!
3. Kerja keras, Bapak adalah seorang  pekerja keras.kami tidak hidup dalam kemewahan, tapi bapak bertekad buat skolahin anak anaknya semampunya dengan bekerja keras.Dan beliau sangat bangga akan pekerjaannya.( semangat ini terlihat jelas kepada kedua orang adik adik saya ) dan sewaktu saya bekerja pun, beberapa orang melihat “semangat” itu. Dan …saya pun merasa selalu bersemangat, even skrg gak kerja ngantor, tapi..semangat buat kerja keras slalu ada.
4.Banyak lagi lah teladan atau pun kesukaan yang saya dapatkan dari Bapak, kami sama sama suka denger lagu…karena Bapaklah yg pertama kali ajar ajar saya nyanyi. Bahkan kalau Bpak lagi bantu bantu mama ,kerja2 dirumah, beliau pasti pasang music. ( itu nular sama saya )
Lalu apakah yang saya dapatkan dari teladan mama ?
Banyak banget……!!!, Mama ( bagi saya ) sungguh luar biasa…dan galaknya juga luar biasa he..he..Beliau kebalikan dari Bapak, Mama gak pandai merangkai kata, Beliau cenderung ngomong apa adanya, She never making planning for long term…she do it the best she can do for today..

1.       Mama melihat rumah, bukan seperti penjara.., ( walaupun rumah kami sederhana ) Mama membuatnya benar benar nyaman dan bersih, hampir tiap tamu yang datang kerumah slalu muji betapa rapih dan bersihnya rumah kami ( even waktu itu ada 3 brandalan…) yang gak pernah ngebantuin mamanya sama sekali.She likes to cook, tiap hari mama masak ( even..pas lagi gak enak badan ) bisa di itung pake tangan makan , pake makanan yang di beli. Dan paling seneng kalo ada yang ultah dirumah, mama pasti bikin kue…, terutama kalau natal tiba…, oven yang panas..bau kue kering yang dipanggang..adalah bukti sayang mama sama kami anak anak dan suaminya, Itu ingatan yang berarti bgt buat saya. Ternyata itu saya terapkan sekarang..even gak tiap hari saya masak ( karena kadang bibi yg masak ) bisa di itung pake tangan, jika makanan di rumah beli. Even jika gak ada si bibi, saya tetep masak, karena gmana pun di situ ada rasa kasih, dan tanggung jwb buat keluarga.Mama melihat rumah dan keluarganya seperti ladang missinya.
2.       Yang paling saya ingat  dari teladan mama , adalah baca alkitab dan juga DOA, mama bisa berdoa sejam lebih, sampe sy mikir, kok doanya lama bgt ya…apa sih yang di doain ampe selama itu??? Tiap pagi sblom kami pada bangun ,baca Alkitab dan doa adalah kegiatan mama, sampe hari ini, ( kalau nginep dirumah ) karena Keiko jg bangun pagi..jd begitu bangun dia naik ke atas…ke kamar opung nya ( Opung = nenek , itu sebutan bagi kami orang batak ), gak lama Keiko turun lagi…kok turun..Keiko akan jwb..Opung lagi DOA, ssttttt…Ketika saya berdoa pun dan pegang Alkitab , Keiko tahu..dan dia menghormati moment itu.
3.       Banyak sekali teladan yg mama saya berikan pada saya, bukan dari kata kata mama, namun lebih kepada Teladan perbuatan mama.

Tulisan ini saya dedikasikan buat Kedua Orang tua saya…
Terima kasih banget sudah jadi Teladan yang luar biasa buat kami Pa..Ma..
Hope Kami, anak anak Bapak dan Mama..pun bisa menjadi teladan yang baik buat anak anak kami..
Sehingga Anak anak kami kelak pun bisa jadi teladan yang baik buat keturunan mereka selanjutnya.
Terima Kasih Tuhan.., untuk pelajaran Mu..untuk memberikan teladan perbuatan yang baik kepada Keiko…karena Engkau pun adalah Bapa yang juga Memberikan BANYAK TELADAN buat anak anak MU di Bumi.

4 komentar:

eternal_love mengatakan...

aku juga kalo marah suka naik ke nada paling tinggi... alhasil kim sekarang kalo lagi marah, suka gitu jugaa.. hiksss,,, hrus banyak berubah neh..

eternal_love mengatakan...

aku juga kalo marah suka naik ke nada paling tinggi... alhasil kim sekarang kalo lagi marah, suka gitu jugaa.. hiksss,,, hrus banyak berubah neh..

marthavina mengatakan...

Mama Kim..bener bgt musti ati ati, anak anak mengcopy lebih cepet dr mesin foto copy, jd emang bener bener kudu ati2, kadang kalo saya lg nahan kesel bgt suka teriak sendiri di bantal , dr pd depan anak ( ha..ha..)

eternal_love mengatakan...

waah... kudu di contoh tuh teriak di bantal.. kadang rasanya urat pada mau putus kalo udah naek darh.. wkwkkw