Senin, 14 November 2011

Manage waktu for working Mom ala Mama Keiko


So…disinilah saya menikmati weekend ( waktu hari minggu dan sabtu kmrn ) yang luar biasa NIKMAT nya, setiap Ibu Rumah Tangga, pasti ngerti banget deh, gimana rasanya libur itu..apalagi kalo IRT nya kerja, wuih…tiap hari Cuma nunggu kapan weekend.Saya pun sudah mulai bekerja sejak tiga hari yang lalu, bersyukur banget, gak terlalu kaget..istilahnya walaupun udah lama banget gak kerja saya gak kebawa rasa ngantuk kala kerja, karena walaupun kemarin di rumah , tiap siang saya gak pernah tidur, sibuk sama buku dan internet tentunya J , terus saya juga gak terlalu rada gaptek soal computer ato pun peralatan yang lain, ya..karena demen ngeblog, saban hari pegang , jadi pas di kantor langsung tune in. Badan juga gak terlalu terasa remuk..karena tiap hari saya olah raga. Bersyukur banget …., hal hal kecil yang saya lakukan itu ternyata sangat membantu saya untuk bisa “lebih Kuat “ menghadapi perubahan.
Namun saya begitu amaze dengan Keiko…ketika menghadapi sebuah perubahan, dia jauh lebih baik ketimbang mamanya. Keiko sudah begitu akrab dengan susternya, Keiko..sudah tahu kapan mamanya pulang , dan bisa bermain kembali dengannya, dia sama sekali gak rewel dengan perubahan yang terjadi, sementara saya melewati banyak perubahan ini benar benar , gak mudah….kalau pagi menjelang, “ketakutan” saya pun mulai terbit. Namun saya belajar untuk menyerahkan segala sesuatunya, terutama kekhawatiran pada BAPA.
Yang paling utama …ketika saya back to work again adalah saya harus punya waktu bersekutu dengan Tuhan…karena kita semua tahu lah..not easy to stick buat daily devotion kalo pas pagi hari begitu hectic, especially when u have a kids . Sementara bagi saya…daily saya harus di buka oleh perkataan dan suara NYa, jadi..saya harus bangun pagi pagi dan berbicara serta mendengar suaraNya dulu…baru segala sesuatu nya bisa saya lakukan.Bagi saya ini adalah hal yang mutlak yang harus saya lakukan, karena kalau tidak saya akan mulai terjungkal lagi sama masalah dan juga karakter saya yang buruk. Dan memang…hasilnya luar biasa, when we depand to our God, tapi..ya itu, untuk mendapatkan hasil yang luar biasa itu…saya harus benar benar bisa bagi waktu. Jadi..ini lah time management  saya selama seminggu ini, ketika saya kembali mempunyai pelayanan di luar rumah
4 am      : bangun pagi
                Saat teduh
                Mandi Pagi, dan mempersiapkan kebutuhan suami untuk hari itu
5 am : kasih susu Keiko, ply with her
6.30 am :  Go to work
5.45 pm : sampe dirumah after work
5.45 – 8 pm : ini waktu berkualitas saya dengan Keiko, saya bermain dengan Keiko, mengevaluasi “pelajaran” hari itu, menyuapinya
 makan malam,membacakannya cerita, bernyanyi…dan yang paling saya tunggu adalah…rutinitas tidur malam keiko , dengan menyikat gigi, mengganti pakaiannya, membaca buku, berdoa, dan bernyanyi bersama.
8.30 – 11 pm : itu waktu saya berkualitas dengan suami dan diri sendiri, kami biasanya bertukar cerita
Sehabis itu biasanya saya menyiapkan keperluan untuk besok,keperluan kantor ataupun keperluan untuk RT , melahap
Beberapa lembar buku, sedikit stretching , atupun yoga relaksasi ,berinteraksi lewat internet dengan teman teman dan tidak lupa untuk nulis  buat blog  , dan juga doa syukur malam…
Itulah..yang selama beberapa hari telah saya praktekan, sebenarnya hampir sama dengan sewaktu saya belum bekerja, ini juga lah yang selama ini saya lakukan, hanya saja..ketika jam kerja kantoran mulai , saya tidak bekerja di belakang meja kantor, tapi..disamping Keiko…sekarang susternya lah yang ..menjadi perpanjangan tangan saya. Ini adalah salah satu yang harus saya syukuri..karena saya bertemu dengannya, dia dapat mengerti keinginan saya, dan menyampaikannya kepada Keiko.
Semenjak saya bekerja, urusan rumah dan dapur..otomatis bibi yang pegang…walau begitu..tetap saya yang berbelanja dan juga yang menentukan menu harian. Saya membuatkan daftar pada bibi, selama seminggu, makanan apa yang perlu disiapkan, dan juga pekerjaan apa yang perlu ia fokuskan, daftar kerja harian pun ditempel di dinding kamarnya, jadi when she wake up, dia tahu apa yang musti dikerjakannya ( ini sudah dari awal malah )
Sementara untuk suster yang tangani Keiko…saya membuatkan daftar daily routine keiko…jadi, dia tinggal melanjutkan apa apa yang telah saya lalukan sebelumnya. Kapan waktu mandi pagi, sarapan dlsb..anak anak suka akan keteraturan waktu, jadi…Keiko pun tidak complain alias rewel. Aktivitas Keiko pun saya kasih daftarnya untuk seminggu, jadi susternya dah tau hari itu, Keiko bakal belajar apa, saya mengkopinya dari berbagai sumber dari internet atau pun dari buku buku , terbitan gramedia ataupun Erlangga for kids yang banyak di jual di toko buku. Bahan tersebut membantu saya untuk saya bisa berkreasi di dalam memberikan Keiko stimulasi yang dia butuhkan.Ketika sore hari saya bertemu dengan putrid saya, saya mengevaluasi kembali hal hal apa yang telah dia pelajari. Saya pun meminta catatan dari susternya tentang makanan, tidur, kegiatan, susu dlsb..yang saya perlukan . dengan ini semua memungkinkan saya tetap bisa mengawasi Keiko..even saya bekerja.
Gak mudah memang… Alarm membantu saya buat strict sama jadual .Begitu jam 4 pagi, alarm yang telah saya setting ( dgn suara dan getar yang pelan ) yang saya taruh disamping saya membantu untuk membangunkan saya.
Begitu juga dengan alarm yang saya pasang jam 8.30 pm, guna alarm itu adalah..menyadarkan saya..kalau saya belum bisa istirahat, karena ada beberapa daily routine saya yang harus saya kerjakan. Karena biasanya sehabis menidurkan Keiko..saya terkadang ikut ketiduran  , jadi saya pasang alarm juga buat nyadarin saya..buat wake up.
Jadi ini adalah time management Mama Keiko yang back to work again after a while, mudah mudahan aja…berguna buat para Ibu yang lain, yang juga bekerja.My top priority adalah Keiko, jadi…secapek apapun, pas saya pulang dari kantor, saya akan tetep pegang Keiko, saya minta supaya susternya mundur, dan ngerjain kerjaan lain.Pagi sebelum berangkat dan sore sampai malam, adalah waktu saya dan Keiko bermain, belajar, bercerita, dan bercanda.
Terima kasih Tuhan..buat semuanya, not an easy way..But I do cling to YOUR strength . Terima kasih Tuhan buat pelayanan yang KAU berikan di luar rumah, Terima kasih buat Keiko yang setia menunggu di rumah buat bermain bersama mama, dan yang tidak terlalu demanding akan perubahan yang cukup drastic, Terima Kasih Tuhan buat suami yang mendukung ku. Amin

                        
                          

6 komentar:

Rina Suryakusuma mengatakan...

waduh, salut sama mb martha yang bisa begitu tight up sama jadwal keiko, ngobrol sama Tuhan, have fam time dengan hubby, bisa manage sust dan mbak. saya tahu banget ribetnya mb. thanks for sharing your time management, ya. bisa membantu saya utk bebenah diri juga :)

marthavina mengatakan...

Hallo mba Rina...kadang saya masih suka bolong juga tergiur dengan ada nya suster, jadi ngandelin dia kala badan sy begitu lelah, tp...my number one priority adalah keiko deh, yg lain jadualnya bs di geser, tp Keiko...jangan, kasian...udah seharian gak liat mamanya, begitu mamanya pulang msh sibuk sm yg lain juga. ini jg proses belajar. kalo soal bibi sm suster di rumah, saya bener 2 bersyukur krn mrk baik bgt, dan rasanya udah kayak part family aja.

Mega mengatakan...

semangaaattttt mbaakkkk...!!!
dirimu panutan buatku, istri yang cakap kayak di amsal 31 tu d^^b

marthavina mengatakan...

Thx Mega, tp sy rasa Mega, jauh lebih ok, besok besok when become mama, kangen euy,,baca tulisan mu...meluncur ...ah....

Lia mengatakan...

jeung marthaaaaa... aku kangen sama dirimuuuuuuu! :( uda lama yah kita gak ngbrl2. dikau sibuk kerja ngurus anak, aku lg kliyengan sm pregnancyku. i miss you so much! btw, sampai happy bday yah buat keiko sayaaaaang... :) dr tante lia en dede timmy ^^

marthavina mengatakan...

Hi..Lia, terima kasih doanya buat Keiko. iya ini lumayan bgt bagi waktunya, sekarang sy benar benar fokus pada quality time saya sama Keiko, semuanya di rapel pas weekend. saya juga masih belajar. Selamat buat kehamilannya ya Lia, aku jg kangen bs "ngobrol " di Gp , btw..sorry bgt kmrn waktu kel. pulang kampung ke indonesia aku gak sempet ketemu, padahal niat bgt.hope next time deh