Senin, 30 Juli 2012

Perkembangan Sekolah Keiko dan Mamanya



Sekarang…tiga minggu Keiko sekolah ( jln minggu ke 4 ), saya selalu memantau bagaimana perkembangannya. Untuk sementara ini perkembangannya sangat pesat, dan sangat positif
Minggu  1: Setiap mau mandi pagi dan pulang sekolah dia pasti ngamuk.Bukan karena gak mau sekolah, tapi dia malas sekali untuk py rutinitas pagi ( yang lumayan shorter dari biasanya ), Karena otomatis jam sarapan dan mandi pagi juga harus selesai di jam 8 pagi, paling lambat 8.15. Karena sekolah di mulai 8.30 pagi, Pulang sekolah juga gak kalah hebohnya, dia pulang sekolah jam 12, sampai rumah sekitar 12.30, biasanya jam 11.30 or 12 Keiko sdh tidur siang, penyesuiannya ini bikin dia lumayan kecapean, akibatnya dia marah.
Minggu 2 : Masih tetap , Kalo pagi begitu susah untuk membuatnya mandi, sampai saya ambil keputusan untuk ambil ember kecil sama gayung, showernya saya matiin ,sama bak mandinya saya singkirkan, karena begitu liat shower sm bak mandi biasanya dia pingin main air, semua bujukan rayuan gak mempan, jadi terpaksa smua permainan keiko pas mandi di singkirin. Pulang sekolah, 50:50, kadang ngambek kadang  dia tenang.
Minggu 3 : Saya masih ribet kalo kasih mandi pagi, suasana nya heboh bgt deh pokoknya, namun pulang sekolah sekarang Keiko lumayan tenang, begitu sampe pintu rumah, dia akan lepas sepatu dan kaos kaki sendiri, di bujuk sebentar buat ke atas, kekamarnya, naro tas dan peralatan sekolah, jln sendiri ke kamar mandi buat cuci tangan dan kaki, sama pipis sendiri, saya Cuma ngikutin..hampir smua bs di kerjakan keiko dengan baik, dan jika dia tidak minta tolong, saya tidak akan membantu nya, karena begitu dia kita bantu tanpa persetujuannya, Keiko bakal marah. Kalo saya liat dia ribet, tp kata kata minta tolong gak kluar dr mulutnya, saya biasanya yang bilang : Boleh mama ambilin Keiko kalo dia izinin  saya akan ambilkan , tapi kalo gak berarti dia msh coba, saya diem aja dulu.
 Selama tiga minggu itu pun, saya rutin BBm an dengan teacher Keiko, saya bersyukur jika dia pun adalah seorang Ibu dari Batita 2.5 tahun, jadi dia mengerti benar pergulatan para Ibu. Bersyukurnya lagi 1 guru menghandle 6 orang siswa, maksimal 7 orang, jadi teachernya benar benar memahami kebutuhan students nya . Hampir setiap hari saya menanyakan pertanyaan yang sama sama teachernya,
gmana hari ini keiko , Ms ? 
Keiko baik Mommy…
Setiap saya Tanya itu jawaban gurunya, saya bingung…masa sih selama 3.5 jam , itu anak gak bikin ulah apa2?
“Keiko..baik sekali Mommy…, dia paling kecil di kelasnya, tapi dia seperti yang paling tua, sikapnya ngemong bgt, setiap ada anak yang ribut dia yang mendiamkan, ada anak yang nangis keiko lho..yang nenangin..saya punya asisten dikelas.
Saya melongo…, masa sih?????? Its like the other Keiko…
“belum puas, saya nanya…makannya gmana Ms?
“Makannya habis Mommy…paling dulu habis, dan dia malah nyuapin Dennisa makan, karena temennya itu blom selesai. ( setiap hari disekolah mrk makan dgn membawa bekal masing masing, mereka di ajarkan buat makan sendiri , dengan rapih )
“Emm..Ms..Apa Keiko follow instruction ?
Yes..Mommy, apa yang saya katakan dia bisa lakukan, Keiko cepat buat adaptasi .
Saya senang dengan laporan positive guru Keiko, sebenarnya malah saya rada gmana gitu…Soalnya, Keiko disekolah, beserta laporan para guru nya dan juga bagaimana dia berinteraksi dengan temannya, bertolak belakang dengan keseharian yang terjadi dirumah. Itu pula keheranan yang saya ungkapkan pada guru Keiko..Jawabannya simple..karena kami adalah orang tuanya, dan biasanya anak bermanja pada orang tuanya, Jadi mommy tinggal bilang..”Keiko nurut mama ya..kalo di rumah, dan kalo di sekolah Keiko nurutnya sama Ms. Artie, itu jg yang sy tekankan di sekolah, kata teacher Keiko .
Lucu ya…saya malah terkejut dengan pperkembangan positive Keiko, karena kemarin kemarin bener bener buruk buat kami sekeluarga, rasanya sedih bgt ngeliat anak ku yang biasanya ceria tiba tiba bisa brutal begitu, perbedaan suasana dan aktivitas yang terarah, serta adanya teman teman membuat Keiko jauh lebih baik dari sebelumnya. Makasih Tuhan
Bersyukur sekali ,Keiko bisa sekolah, bersyukur sekali kami pun memilih sekolah yang tepat. Bersyukur sekali jika perkembangannya menunjukkan arah yang positive. Kami juga membawa Keiko ke dokter anak, sejak dia sakit ( radang tenggorokan ) baik nafsu makan maupun pencernaan Keiko dirasakan sangat buruk, dan  bisa di pastikan anak kecil jatuhnya bakal rewel bgt kalo gak enak badan ( sama lah kayak orang gede )
Perkiraan dokter tepat, Keiko memang bermasalah dengan pencernaannya , pupnya bener 2 gak lancar, jadi Dokter kasih obat puyer racikan supaya ngobatin pencernaannya, dan kami pun diminta buat ganti susu. Yang lama di nyatakan tidak terlalu baik buat Keiko…jadi kami balik ke susu Enfagrow , Khusus untuk Keiko yang udah 3.5 tahun, susu lanjutannya Enfakid ( ini bukan iklan lho)
Sementara Keiko sekolah dari jam 8.30 – 12.00 saya pun punya banyak kegiatan , suatu hal yang bikin saya surprise  adalah…saya punya waktu buat diri sendiri ( bener bener sendiri ) dan itu rutin ! dari Senin ampe jum’at! TIGA SETENGAH JAM !!!!! Mana berani berkhayal dulu, punya waktu sendiri. Jadi ini lah yang saya lakukan selama Keiko sekolah
1.       Belajar Piano, dulu sempet panggil guru private , tp gak berjalan lama karena saya kerja, dan tiap les di ganggu Keiko. Saya belajar sendiri, dan lumayan tangan yang kaku, mulai lancar lagi, tinggal lancarin jari kiri buat kunci…lumayan lah buat ngiringin anak Tk or sekolah minggu mamanya Keiko udah berani.
2.       Saya kursus nyetir mobil , karena suami saya terlalu ceriwis , kalo ngajarin saya mobil, ( karena saya panikan ) makanya saya ambil kursus mobil 8 kali, abis itu tinggal latihan bareng suami.Sebenarnya I don’t have any courage , tapi banyak yang ngomporin saya buat belajar mobil, so…hari senin ini pertama kalinya saya kursus mobil, and so far lancar J Makasih Tuhan, saya senang banget bisa ngalahin rasa takut sendiri, karena memang kelancaran berkendara juga saya perlukan buat usaha saya, jadi kalau saya perlu bunga dan lain sebagainya, saya tinggal izin suami, buat pergi, gak perlu nunggu suami .
3.       Saya juga punya waktu buat belajar rangkaian bunga ( sendiri ), serta cari bahan dan referensi tentang usaha yang sedang saya geluti, so..i don’t take my quality time sama Keiko.

Karena ada pertolongan dari si Bibi lah makanya saya bisa memanfaatkan 3 . 5 jam itu dengan semaksimal mungkin , sehingga pekerjaan di rumah bisa selesai dan saya bisa juga menyelesaikan rencana rencana pribadi saya.

Jadi demikian laporan dari keluarga kecil kami..( yang tetap berharap bisa dapat momongan lagi ) dan berterima kasih BGT sama Tuhan, buat semua kesempatan yang bisa saya dapatkan .


7 komentar:

Mega mengatakan...

Waaaa...Keiko hebat ya mbak. jadi ingat adek cewekku yang bungsu, kalo di luar rumah tu mandiri dan tipe leader gitu, bgitu di rumah, aihhh....manjanya pol mbak ^^' Puji Tuhan ya, dapat sekolah yang bagus mbak, apalgi bisa diperhatikan intensif gitu siswanya, jarang lo mbak yang kayak gitu.

eternal_love mengatakan...

kalo boleh tau keiko sekolah dimana ? hehehhee

KeZia Margaret mengatakan...

wahhhh luar biasa Kak..
God bless you en your fam yaa kak =)

marthavina mengatakan...

@ Mega : Iya..Puji Tuhan Mega..., sekolahnya cocok dgn karakter Keiko.Even ada plus dan minusnya, tapi over all, ini yang Keiko butuhkan ditahap awal sekolahnya
@ eternal_love : Keiko sekolah Di Hikari Montessori , tante...
@ Kezia : Thx bgt Kez..terasa bgt pas nikah, pertolongan Tuhan terasa bgt buat Keluarga kami dan saya pribadi, satu yang pasti waktu Nya tepat, gak meleset :)

eternal_love mengatakan...

enak yah kalo sekolahnya kaya gitu, guru nya mengerti apa yang ortu rasain :)

Hendry dan Fatima Chandra mengatakan...

Waaah serunya yah kalo anak udah sekolah dan kita bisa surprise karena ternyata dia bisa juga ngelakuin hal2 yang tidak pernah kita lihat di rumah, yang penting positif :-)

Trs tentang waktu sendiri, setuju banget bu. Waktu gue belum lahiran gue juga seneng banget pas kenzie sekolah karena ada waktu buat sendiri dan bisa ngumpul ngobrol sama temen.. heheeh kayanyak waktu nya mbak martha habisnya lbh berkualitas drpd waktunya aku. Soale waktu ken sekolah aku nungguin di skul dia bareng sama bu ibu temen2 skul kenzie..

Tapi sekarang ga bisa lagi.... hehehe sekarang ada waktu dari jam 7-13 tapi waktu untuk another baby hehehe

marthavina mengatakan...

@ Mama Kenzie: Selamat buat Karis nya ya...seneng bgt liat di FB , kalo sekrg Karis sehat and gede bener deh, berharap sama Tuhan..kalau Keiko jg bisa punya adek,tp saya berusaha buat sabar..jd menikmati semua berkat dan apapun yang Tuhan kasih buat kami sekeluarga.