Rabu, 15 Februari 2012

Tips to energize and updating ala mama KEIKO




Just want to share for all mom that work out there...
Almost 4 months i back to work again, after three and half years , become mom and wife at home. When at home its more easy to manage our time, its depend our self , but now...i also depend with about everything. 

Rasanya kadang pingin banget cuma tidur if dah sampe rumah, terus terang pekerjaan yang sekarang begitu menyita perhatian, selain anak yang menjadi prioritas pertama begitu sampai rumah, yang lain itu LEWAT. tapi...aduh tersiksa BGT, melewatkan begitu banyak kebiasaan yang baik, yang saya miliki dulu.

Contohnya adalah saya yang begitu fanatik berolah raga, tiba tiba hanya bisa berolah raga di hari sabtu , minggu atau libur saja, padahal terkadang hari sabtu atau minggu kami memiliki acara keluarga, jadi bablas lagi jadual olah raga. Seminggu , dua minggu, emang gak terasa bedanya antara saya berolah raga ato tidak. Tapi lama lama terasa banget, badan jadi terasa lesu dan gak berenergy, dan itu langsung terlihat jelas di muka saya, bawaannya jadi males malesan . Saya tahu salahnya dimana , saya gak berolah raga, badan saya yang sudah terbiasa berenergy karena pasokan oksigennya lancar serta, dapat "suntikan" hormon dikarenakan olah raga, tiba tiba berhenti begitu saja , bikin badan saya protes.

Melalui pengalaman saya yang dulu dulu, saya harus mulai mengaktifkan kembali jadual olah raga saya. Bingungnya adalah , WHEN ? when...and when, sampe rumah aja udah tepar, untungnya ada Keiko...yang bikin energy saya rada ke boast kalo sampe rumah. Its ply and Family  time for all of us. But when Keiko get her sleep, almost of the time mom.. get a sleep also, ato kalo gak ngerjain , kerjaan yang lain dulu, dan jadual olah raga jadi ketinggalan lagi.

Pikir punya pikir, akhirnya saya melakukan aksi jalan kaki, kalau pulang kantor , jalan kaki itu manfaatnya banyak, ngebakar kalori lumayan banyak. Jadi, kalo pulang dari kantor, saya pake sepatu yang nyaman, dan turun dari kendaraan agak jauh dari rumah, jadi mau gak mau maksa saya buat jalan, yang artinya sama dengan berolah raga, kalo sempet dan ada waktu saya ambil barbel , sambil liat berita saya ngebarbel barang 15 menit, or if Keiko sleep earlier and i dont get to exhausted , i will have yoga time or pilates for 15 minutes, and the effect... luar biasa...! Paling gak saya gak ngerasa loyo lagi dan kurang energi.   

Time to read books also adalah hal yang paling langka, yang bisa saya dapatkan . Padahal sewaktu saya dirumah, dalam seminggu saya bisa selesaikan 2 ato 3 buku. Sekarang...? one page is a big thing for me. Dan bagi saya pribadi itu adalah hal yang sangat  menyedihkan. saya ngerasa kering. Kadang bisa di bilang sedikit frustasi, karena saya gak bisa "dapat apa apa " saya gak dapat bahan buat meng up date otak saya. Jadi...apa yang saya lakukan? saya mengambil buku jadual harian saya, dan saya menuliskan buku apa yang saya baca, di hari itu, dan saya mewajibkan diri saya untuk menulis satu paragraf tentang hal apa yang bisa saya ambil dari buku itu. Well.. it works , saya malah semangat buat baca, dan di tiap minggu nya saya memisahkan catatan itu sesuai dengan judul bukunya. dan itu menjadi boast saya yang power full untuk bikin saya semangat, dan saya ter up date juga, saya punya banyak tabungan ide, dari apa yang saya baca, dan juga tulis itu.

Jangan kalah sama rutinitas harian, Kualitas keluarga, pekerjaan jangan bikin kualitas diri sendiri itu terus terguras, gimana juga, sebagai seorang Ibu yang kini bekerja, kondisi kesehatan dituntut untuk prima, bukan cuma kesehatan ,kualitas spiritualitas serta emosi kita pun harus ter kelola dengan baik. So..find away to keep healthy and also updating our self.

this is my jurnal, he..he..even the time is not updating ( dan gratisan also coz its free bonus from Magazine ) , but its up date my daily life. 

Disini saya nulis apa saja yang mau saya lakukan for that day..., saya belajar untuk tidak menumpuk semuanya di weekend, sedikit berbenah saya benar benar lakukan di hari hari kerja, sehingga ketika weekend saya bisa sedikit relax dan bangun agak siang.


At the end of the day...ngeliat point point yang sudah saya kerjakan , serta quote - quote dari buku atau pun dari bible yang saya tulis, membuat saya very thank full if this day passed with quality .

Dan rasanya semangat banget nyambut keesokan harinya.

Just a little habit might change our quality of life. 




2 komentar:

Mekar A. Pradipta mengatakan...

Akhirnyaaaa, kak Martha nulis lagi hehe. Eh tau ngga kak, aku tuh malah ga pernah olah raga loh. Dan nyante2 aja :p Tapi kalo soal ga ada waktu buat baca buku, nah itu baru ngaruh banget. Berharap satu hari itu 30 jam biar bisa baca buku puas-puas hahahaha

marthavina mengatakan...

iya Ditha...banyak bgt yang pingin di share, baru ketemu nih selanya,jadi bisa nulis lagi , dan baca blog lagi, untungnya sekarang aku dah ada solusinya soal baca buku dan juga berolah raga, dan yakin serta percaya aja, deh pasti ada solusi yang lain lagi ...yang Tuhan bantu pecahkan. he..he..