Rabu, 03 Agustus 2011

Penguatan


Hari ini senang sekali rasanya mendapatkan sedikit kekuatan…, ditempat yang tak terduga, juga oleh orang yang tidak saya kenal. Hari ini saya harus ke pasar pagi pagi, padahal saya baru ke pasar kemarin ( saya ke pasar 2 kali dalam seminggu ), Sedikit malas malasan , karena kondisi tubuh yang baru sembuh dari sakit, belum terlalu fit. Alasannya, karena hari ini adik ipar saya berulang tahun, dan mertua minta di masakin ayam Gotta ( makanan khas Batak ), karena harus pakai ayam kampung yang fresh jadi mau gak mau musti pergi juga hari ini kepasar. Sempat menunggu agak lama, untuk mendapatkan ayam kampung yang agak besar dan muda, karena pesanan suppliernya lagi banyak, saya jadi nunggu agak lama, disebelah saya ada seorang Ibu yang memesan, 5 ekor ayam kampung, sebagai pengisi waktu luang, saya memulai percakapan dengannya,” mau buat apa Bu? Banyak sekali, mau di jual lagi..? “ O..bukan, ini buat kami makan sekeluarga, kebetulan dua anak perempuan saya paling suka Ayam kampung, dari di soto, di goreng sampai di tim, jadi karena gak ke pasar tiap hari, saya beli agak banyak. Seperti biasa…kalau dua orang Ibu Rumah Tangga berkumpul..pastilah ada obrolan seru…, Anaknya ada 2 orang , yang paling besar SMU , kelas 3 , yang satu lagi baru SD, wah…! Jauh sekali umurnya..”Iya, bedanya 11 tahun saya sampai kagok,kayak punya bayi baru lagi, waktu yang terakhir lahir, tapi saya bersyukur mba…agak jauh jaraknya, jadi saya bisa punya banyak waktu yang berkualitas untuk ngurus yang pertama, dan juga mengurus masalah pendidikan dan financial, karena saya Ibu Rumah Tangga biasa, dirumah, Papanya aja yang kerja, jadi musti direncanakan semuanya baik baik.” Mba punya anak berapa , baru satu jawab saya, baru 2 tahun 6 bulan…lagi rewel rewelnya. Dia ketawa…”namanya anak memang begitu, dia lagi bertumbuh, dan butuh banyak perhatian, dia juga lagi berusaha buat pahami segalanya, jadi kadang tantrumnya suka kelewatan, anak saya juga dulu gitu…terutama yang pertama, saya gak pake suster, ataupun pembantu, anak saya, yang rawat bener bener saya, sendiri.Memang kalo kita cape, bawaannya jadi males banget…apalagi kalau anak rewel. Dulu..waktu anak saya rewel, kalau malam sebelum tidur, saya selalu peluk dia, dan ngomong banyak…bilang kalau dia anak baik, dan kita sayang sama dia, itu cara ampuh lho..Mba, dicoba aja…sambil dipeluk peluk.Emang cape fisik dan hati kadang kalo ngurus anak sekecil itu, udah cape..gak di bayar lagi, katanya sambil ketawa. Saya mengamini apa yang diucapkannya. “Tenang saja Mba…sebentar lagi juga besar, jadi gak terlalu cape, tapi nanti kalo anak anak besar, kita juga kadang ngerasa sepi.” Ayam kampung saya selesai duluan, akhirnya saya pamit, sama Ibu tadi, hati saya sedikit ringan dengan penguatan yang ia berikan, bahkan tanpa ia sadari.
Terus terang beberapa minggu ini, adalah minggu minggu terberat saya, saya dan Keiko sakit bersamaan, dengan badan lemas lunglai, saya tetap harus mengurus Keiko, sementara Keiko yang karena sakit, jadi bertambah rewel, membuat saya semakin putus asa.Dulu…sewaktu saya masih bekerja, kalau saya sudah stress , karena kerjaan ataupun badan lagi gak enak, saya bisa cuti…sekarang, saya patah tulang, saya juga tetap harus bangun dari tempat tidur.Betapa beratnya, terkadang cuma mau nangis, walaupun saya tahu harus bersikap tabah, tapi ada saat saat dimana saya merasa sendirian menghadapi serangan…,namun Tuhan tidak tinggal diam, Dia membantu saya , menguatkan saya lewat bincang bincang saya dengan seorang Ibu, yang bener bener ngerti gimana perasaan saya hari ini, disaat saya benar benar butuh penguatan, di tempat potong ayam kampung …  , ditempat yang tak terduga
Walaupun badan saya masih terasa lemah, tapi batin saya bisa sedikit lebih kuat di bandingkan ketika saya belum bertemu si Ibu tadi.Berterima kasih Pada Tuhan, karena Ia mengirimkan seseorang untuk menguatkan saya hari ini, dan berterima kasih pada Ibu tadi ( dimana saya tak bisa sempat tanya siapa namanya), karena ia mau berbagi sedikit cerita dengan saya , dan berdoa pada Tuhan, agar kelak saya pun bisa menjadi Penguat  bagi orang lain, yang membutuhkan, kata kata penguatan.

Tidak ada komentar: