Jumat, 12 Agustus 2011

Chicken Soup for the Woman Soul


Sudah lama sekali saya tidak menangis, namun hari ini saya menangis….bukan pada hal yang menyedihkan, tapi lebih kepada hal yang mengharukan .Seperti biasanya Keiko tidur siang, dan jam jam dia tidur siang adalah hal yang sangat berharga bagi saya, biasanya saya mengisi waktu dengan membaca , menulis ataupun membayar hutang saya kalau belum bersaat teduh di pagi hari. Hari ini…karena , semua jadual terpenuhi dan terselesaikan, saya membaca buku. Banyak buku yang masih belum saya sentuh , yang harus saya baca. Keputusan untuk konsisten membaca ,adalah rangkaian dari konsekuensi menjadi Mama buat putri ku Keiko, secara saya adalah mama yang baru dan jam terbangnya belum terlalu tinggi, saya butuh masukan , bimbingan, pengajaran, untuk bisa jadi orang tua yang “dilayakkan” untuk bisa disebut sebagai orang tua.   Tapi..entah kenapa , saya justru mengambil buku “tua”. Buku ini saya beli ketika tahun 2002, tanggal 31 Oktober, sebagai hadiah ulang tahun buat diri sendiri, dan juga untuk “merayakan” fase baru hidup saya, karena tanggal 1 Nov. nya saya mulai bekerja ditempat yang baru. Waktu itu saya masih sangat muda, masa depan terbentang luas didepan saya, namun juga tahun tahun itu adalah tahun dimana saya bergulat untuk menjadi seorang wanita muda yang boleh berkenan dimataNya.
Siapa yang tidak tahu Chicken Soup? Kumpulan kisah kisah dari orang orang biasa, yang mempunyai kisah yang luar biasa yang dapat membawa inspirasi. Bahkan keberadaan buku itu juga merupakan cerita tersendiri,Lebih dari satu dasawarsa yang lalu, seri buku ini ditolak oleh 140 penerbit!!!! Gak percaya deh, tapi 2 orang pengarangnya Jack Canfield dan Mark Victor Hansen gak putus asa, mereka tetap mencoba agar bukunya dapat diterbitkan, dan lihat lah sekarang….buku ini ada dimana mana, termasuk juga ditangan saya. Dari saya masih gadis umur 20an sampai sekarang saya sangat menikmati untuk membaca buku buku yang penuh inspirasi itu, dalam setiap tahapan hidup saya, ada saja seri Buku Chicken Soup yang cocok untuk saya, contohnya ketika saya baru menikah maka ada seri buku untuk new bride ,sampai kepada ketika saya menjadi mama baru saya mendapatkan banyak pengalaman dari buku seri Chicken soup tentang pengalaman pertama menjadi ibu baru. Seri Chicken soup yang saya beli 9 tahun yang lalu itu adalah Chicken soup for the woman’s Soul. Terdapat 89 kisah yang bisa saya jadikan sebagai pelajaran. Heran sekali…dulu saya rasa, saya sudah membacanya sampai habis, tapi…ketika hari ini saya membacanya lagi, kenapa rasanya seperti sesuatu yang baru? Sampai sampai saya berlinang linang dengan air mata…Ah Dasar!saya memang tipikel perempuan yang sentimentil he..he….
Wanita wanita itu…wanita wanita di luar sana itu…entah mereka tinggal dimana pun, dirumah dekat pantai, gunung, kota, desa ,rumah bergaya mediteranian, minimalis, country , atau apapun ,entah rumahnya penuh dengan celoteh dan tangis karena memiliki anak anak, ataupun rumah yang sudah sunyi karena anak anak telah besar dan pergi,entah wanita itu bekerja, ataupun tinggal didalam rumah sepanjang hari 365 hari , tanpa cukup istirahat, karena ada beberapa anak kecil dan anak bayi yang diurus, entah dia masih muda, atau sedang dalam tahap menjelang pensiun ataupun sudah pensiun , entah mereka sakit, atau sehat, entah mereka single atau pun menikah ,mereka semua punya cerita tentang betapa ada Tangan Tangan ajaib yang telah menjaga mereka secara nyata.
Dari pengalaman mereka semua betapa saya belajar tentang tantangan hidup yang tengah mereka hadapi, semua orang, tak akan pernah luput dari yang namanya tantangan , pergulatan dan juga kesulitan, sekarang gimana nya kita aja, menghandlenya.

Ada sebuah cerita, dengan judul Satu Anak Setiap Kali, wanita ini , ibu rumah tangga biasa, dia memiliki keponakan yang dilahirkan tanpa kelenjar keringat, jadi dia tidak boleh terlalu lelah, karena tubuhnya akan memanas melebihi batas, sehingga dapat merusak system tubuhnya, jadi..bahkan si anak ini pun untuk bermain merupakan   yang sangat sangat berbahaya…! Saking bingung nya menghadapi hal ini sang tante, berpikir untuk menghubungi NASA, dia berpikir sangat simple..kalau mereka punya teknologi untuk bisa punya pakaian untuk diangkasa dan di bulan, masakan mereka tidak punya pakaian yang bisa membantu keponakannya, lalu ditelfon lah NASA, setelah berputar putar sana sini…akhirnya dia bertemu dengan orang yang bisa membantunya, Ya..ternyata mereka ada pakaian khusus yang bisa dipakai oleh anak itu, hanya saja harganya mahal sekali, namun dia tidak putus asa, dia kemudian berjualan kue, sampai garage sale..dan akhirnya baju dengan pendingin itu pun terbeli…!Sang anak, akhirnya bisa bermain normal sama seperti anak anak lainnya, dan NASA meminta untuk mendokumentasikan kisah tersebut, dan ketika film documenter itu disiarkan, ternyata banyak juga orang orang yang mempunyai nasib sama dengan keponakannya, tapi..dia tidak berhenti begitu saja, dia tetap peduli..akhirnya dia mendirikan yayasan  untuk mengumpulkan uang bagi anak anak dalam kondisi langka tersebut, dan ia telah menolong 400 lebih anak. Dan yang lebih mengejutkan adalah NASA memintanya untuk menjadi konsultan mereka !!!! Seorang Ibu rumah tangga biasa, yang tidak mengeyam perguruan tinggi,menjadi konsultan NASA!!!!!! Dikarenakan cara berpikirnya yang brilian serta cara penyelesaian masalah yang sangat efektif, dan kepeduliannya yang tulus, demi membantu anak anak yang special itu.
Kemudian cerita tentang Seorang wanita, yang mendapatkan KDRT oleh suaminya, namun..ia tak pernah sekali pun menjelek jelekkan suaminya itu , didepan anak anaknya,semuanya nampak mengerikan, bahkan ketika mereka berpisah, dan sang suami tak memberikan uang tunjangan bagi anak anaknya, sang Ibu tetap bekerja dengan tabah, dan usahanya itu terbayar ketika anak sulungnya lulus dari SMU, yang paling membuat nya haru adalah, surat yang ditujukan sang anak itu pada Ibunya, tentang ungkapan sayang, dan terima kasih karena telah begitu baik , dan bertanggung jawab dalam membesarkannya. Dan yang paling membuatnya terharu adalah, sang anak berterimakasih karena selama ini sang Ibu tak pernah menjelek jelekkan Ayahnya dihadapan nya.Karena bagaimana pun, laki laki tersebut adalah Ayah dari anak anaknya.
Juga ada cerita tentang sepasang suami istri yang ditinggal mati oleh anak angkat mereka ketika sang anak berumur 26 tahun, tentang hancurnya perasaan mereka, namun…mereka dapat bangkit kembali dan bahagia, karena cucu dari sang anak laki laki ini, walaupun mereka memiliki 2 anak kandung.., namun justru anak dari sang anak angkat lah yang menghibur mereka, kandung atau bukan…semuanya hanya ada di hati.
Betapa saya tersentuh dengan kisah kisah mereka, dan pastinya banyak orang juga yang tersentuh dengan kisah kisah nyata wanita wanita tersebut.Kesulitan itu ada, tapi jalan keluar pasti bercabang !!! tidak akan pernah mentok, Cuma perlu pengharapan , akal sehat dan kerja keras untuk bisa lalu dari padanya..

2 komentar:

Nonik mengatakan...

Buku seri Chicken Soup memang bagus2 ya Kak hehe. dulu aku juga sering banget beli, malah ada 20an kalo gak salah...mulai Chicken Soup for the Soul yg seri biasa dari 1-6, terus mulai ke yang hal2 khusus, kaya Preteen's Soul, Teenager's Soul 1-2-3, Unsinkable Soul, Single's Soul, dll.

marthavina mengatakan...

Iya...ide sederhana, ngumpulin cerita cerita bisa jadi bahan bacaan bagus buat bikin byk orang lebih semangat. Saya lagi suka sama yang mom soul he..he..