Senin, 15 April 2013

Manfaat membaca buku pada anak. And some tips Buat anak anak supaya suka membaca




Setiap orang tahu bahwa membaca itu sangat baik. Bagi orang dewasa ataupun bagi anak anak. Orang yang suka membaca umumnya pengetahuan nya lebih luas dibandingkan dengan yang tidak suka membaca. Membaca Koran, majalah, ebook, news di internet ataupun buku membuka wawasan seseorang jauh lebih luas. Dibandingkan mendengar berita yang Cuma sekilas, dan tidak terlalu dalam, membaca buku memberikan pembahasan serta pemahaman yang jauh lebih luas.
Tapi tidak semua orang suka dan gemar membaca.

Saya termsk yang suka baca buku.  Dan Jenis nya pun berbeda beda. Sesudah membaca buku membuat saya seperti dituang oleh air, sehingga saya bisa punya bahan bakar buat ngejalanin hari dgn lebih “melek”
Ternyata hobby membaca itu ditularkan oleh orang tua saya semenjak saya masih  kecil.
Saya ingat bgt dulu, mama saya adalah orang yang pertama kali mengajarkan saya untuk suka membaca. Mama melakukannya secara gak langsung.majalah majalah jadul tertata rapi bgt di lemari, setiap selesai ngurus kami bertiga, mama biasanya baca majalah didapur..Alkitab, buku buku rohani dari zaman baheula juga awet bgt.Gitu juga bapak saya…sewaktu kami kecil, Bapak selalu cerita waktu beliau merantau ke Jakarta, yang dibawa itu Cuma ijazah , buku bukunya, serta buku buku bapaknya, gak ada yang lain. Bagi Bapak Buku buku itu jauh lebih berharga di bandingkan apapun. Sampai sekarang buku buku itu masih ada, dari kecil saya terbiasa melihatnya baca Koran…ato pun buku buku tebal tentang perpajakan ato exim ato tentang perang ato berbagai tema lainnya.

Tanpa sadar…saya pun mengikuti mereka, semenjak kecil saya suka sama buku buku , tidak ada uang saku lebih buat beli buku, sehingga saya menabung buat beli buku, atau pinjam dari teman.
Banyak hal yang tidak diajarkan di bangku sekolah saya dapatkan dengan membaca buku, saya bisa berpetualang ke belahan dunia manapun dengan hanya membaca buku, saya bisa tertarik dengan dunia florist serta dekor karena banyak baca buku..walaupun sekarang, baca buku gak bisa serakus dulu, namun tiap hari saya memastikan buat membaca  even Cuma 10 menit ( di toilet ) wkk…wkk.. well spt nya sudah menjadi kebutuhan

Dan saya ingin sekali menularkan kecintaan saya terhadap membaca  buku pada Keiko ( tentunya buku buku yang baik).Seperti yang tanpa sadar orang tua saya lakukan terhadap anaknya itu juga yang saya lakukan terhadap Keiko, dari Keiko bayi, saya udah kasih buku yang bisa skalian di gigit gigit, majalah majalah anak, keiko sudah hapal warna secara bilingual itu kurang dari 2 years old.. tidak pernah saya intent buat ngajarin supaya dia hapal warna, namun karena sering kali kami bolak balik buku so she memorized . Dan akhirnya Keiko pun dengan senang duduk diam in my lap untuk membaca, kadang dia hanya bolak balik buku sambil ngomong sendiri…

Tips paling ampuh buat anak suka baca adalah..dengan melihat orang tuanya membaca. Ingatkan anak itu paling suka mencontoh ?jadi contohkan saja pada anak,apa yang ingin agar anak lakukan. Kalau pingin anak suka baca..ya buat orang tuanya rajin rajinlah baca, dan ajak anak buat membaca.

Berikut adalah tips agar anak anak senang membaca ( tips ini pun saya aplikasikan buat keiko ) Hope it will help

1.      Membuat Perpustakaan Pribadi
No need to be fancy, terus mikirnya kayak perpus model disekolah ato di kampus.Tapi sediakan ruangan, ato pojokan dari sebuah ruangan dimana buku buku ditata rapi.
salah satu ruangan di rumah kami, yang kami fungsikan sebagai perpus..btw..hampir smua lemari dan meja diruangan ini dibuat oleh suami saya :D

Kalo memang belum ada ruangan yang cukup, kita bisa taro beberapa buku dalam kardus, ato tempat wadah yang lucu, dikamar anak anak sehingga mereka terbiasa untuk melihat buku, menyentuh, membuka dan kemudian membacanya .Hal ini akan memacu kecintaan anak pada buku.
Keranjang tempat buku buku dikamar Keiko yang selalu saya rotasi isinya tiap 2 ato 3 hari sekali

2 . Membacakan Buku

Jadikan itu sebagai rutinitas, hampir tiap malam sebelum Keiko bobo..dia harus dibacakan sebuah buku cerita Alkitab, tapi saya juga selalu mengusahakan untuk membacakan sebuah buku kalo dia mulai uring uringan ato terlalu lama main sama ipad ato computer,di jalan juga saya selalu membawa buku untuk kami baca bersama.Pilihlah buku yang memiliki pesan moral yang baik, dan juga membacakan buku dengan suara yang semenarik mungkin buat anak anak, sehingga mereka tertarik .selain mengajarkan anak untuk suka membaca juga ada pesan moral yang anak anak dapat dari sebuah buku

3.Pilihlah buku yang bagus
Yang pas buat anak anak, apalagi young early age, gambarnya harus menarik, dan juga cukup besar buat dipegang pegang dan cukup kuat. Kalo Budget terbatas pilih lah buku second alias buku bekas , ato pas kalo ada pameran buku biasanya juga harganya miring, ato pas diskonan.. Dekat rumah kami setiap sabtu dan minggu ada gelaran buku second..jadi hampir tiap weekend kami nongkrong disana buat cari buku bekas. Kalo lagi beruntung bisa dapet buku import buat anak anak masih bagus yang harganya Cuma 1/10 nya : D

4. Membahas buku yang telah di bacanya
Setiap ada kesempatan saya selalu nanya , dan membuka percakapan tentang buku buku yang dah dibacanya. Hal ini juga saya rasakan sangat bermanfaat dalam Keiko belajar untuk mengungkapkan perasaannya atau pikirannya.


5. Menjadi teladan dalam membaca
Ya kalo pingin anak suka baca, mereka pun harus liat kalo Orang tua di rumahnya juga suka baca.


6. Memberikan Hadiah Sebuah Buku

. Agar anak bisa lebih mencintai dan menghargai sebuah buku, kita bisa menjadikan buku sebagai hadiah di hari-hari special.

7. Rutin membawa anak ke toko buku dan pameran buku
Hal ini sangat bermanfaat buat anak anak, supaya anak bisa mengenal bermacam-macam buku serta terbiasa akan buku buku.Gak perlu sering sering, tapi dijadualkan dan konsisten.

8. Membuat Jadwal Membaca
Supaya anak punya   kebiasaan dalam membaca buku,  bikin jadwal membaca buku . Buat saya selain sebelum tidur malam, adalah pagi ketika dia bangun tidur, dan juga di sore hari.

 
9. Dan “tebarkan” buku dimana mana..sehingga anak anak terbiasa dengan buku


Saya rasa tips diatas itu sama sekali gak sulit buat diterapkan , jika kita mama yang bekerja kita juga dapat menerapkannya pada kesempatan2 tertentu…seperti kalo weekend, pas malam atau pagi hari , dan kita pun bisa meminta asisten dirumah buat memanfaatkan buku sebagai hiburan di rumah, dan jangan lupa untuk  menempatkan buku ditempat yang dapat dijangkau sama anak anak.


Kenapa membaca buku itu baik buat young early age? Di bawah ini adalah beberapa manfaat yang akan anak dapat dari membaca buku
Manfaat dalam membaca buku  :
1.Membangun hubungan erat orang tua dan anak
Saya dan Keiko merasakan sekali manfaatnya. Sebagai mamanya ini cara saya membangun komunikasi yang baik serta interaktif , pesan moral atau pelajaran iman Kristen bisa saya sampaikan dengan cara yang menarik, tidak dengan cara yang terlalu menggurui, suasana yang hangat dapat menjalin ikatan emosional yang baik  bagi anak juga orang tuanya, when our child sit in our lap, close to our heart and our child hear our voice , I think its such a beutifull moment for us to cherish every single day .
2.      Meningkatkan keterampilan komunikasi 
Pingin anak cepet ngomong? Ya ajak anak untuk membaca buku .Bacakan buku pada anak dengan suara yang dapat terdengar baik sama anak anak, dengan intonasi yang menarik, dengan ucapan yang jelas. Membaca buku membuat anak banyak sekali mempunyai perbendaharaan kata, anak itu sangat suka meniru, they will try to copy what they hear also.Jadi gak usah terkejut kalo tiba tiba anak anak bisa mengucapkan beberapa kata dari buku yang biasa dia baca.            
                                                                                                                                         
3.      Melatih Konsentrasi
Membaca itu butuh rentang perhatian ato waktu yang cukup lama.   Dan Ini dapat melatih konsentrasi anak, bagaimana mereka tetap dalam posisi tenang, mendengarkan dan memproses informasi agar diterima dengan baik.    Bila anak sudah terbiasa sejak dini dilatih konsentrasinya, maka ia akan lebih mudah untuk melaksanakan serta menyelesaikan suatu pekerjaan dengan hasil yang maksimal.Kalau 1 buku belum habis lalu sang anak sudah mulai hilang konsentrasinya sebaiknya di biarkan saja…dengan seringnya kita membacakan buku buat mereka ,waktu mereka berkonsentrasi pada buku yang dibacanya pun akan semakin meningkat. 

    4.Mengembangkan imajinasi dan kreativitas
Membaca membantu membuka pikiran anak.   Informasi yang mereka terima dapat membantu mengembangkan sisi kreatif otak, karena anak akan terpancing untuk memiliki rasa ingin tahu yang lebih dan lebih.    Ini dapat memotivasi mereka membuat suatu inovasi melalui daya imajinasi dan kreativitasnya.

5.Membentuk pola perilaku                        
Salah satu cara pendidikan karakter bagi anak dapat melalui bacaan.     Pilih bacaan yang mengandung nilai-nilai moral yang baik.     Dimana anak dapat belajar untuk berperilaku yang baik dengan lingkungan sekitarnya.     Misalnya untuk membantu memberikan penjelasan untuk menjadi anak yang penuh kasih pada teman temannya Kita dapat membacakan buku-buku yang berkaitan dengan tema bersangkutan. Itu kena BGT sama Keiko, ketimbang saya ngomong harus baik sama teman, harus hormat sama orang yang lebih tua …tapi kalo dia saya bacakan buku, dia akan ingat..dan ketika dia bertingkah tidak patut saya akan mulai dgn kata kata” ingat gak apa yang kita baca tentang…” biasanya dia akan berhenti…ya kalo mulai lagi…apa boleh buat namanya juga anak anak, they develop memang dengan berbagai eksperimen :D . 

6.Melatih kemampuan berpikir logis                                                                                                                 
Membaca dapat melatih anak untuk berpikir logis.     Dengan membaca dapat pula membantu kemampuan berpikir awal mereka.    Kita membacakan buku untuk anak, mereka akan belajar untuk memahami sebab dan akibat, belajar ber logika, serta berpikir secara abstrak.    Anak juga akan belajar mengenai konsekuensi dari suatu tindakan, dan dasar-dasar apa yang benar dan salah.

7.Meningkatkan prestasi akademik  ketika anak masuk dalam bangku sekolah                                                                                                                       
Anak yang terbiasa dibacakan buku sejak dini, tidak akan merasa kaget untuk belajar saat mereka usia sekolah. Kita tidak  perlu stress untuk memaksa anak membaca.    Membaca bukanlah hal yang menakutkan, justru sebaliknya menjadi suatu hal yang menyenangkan.   Bagi mereka membaca merupakan kebiasaan yang telah menjadi bagian dari dirinya.dan banyak hal yang telah membuktikan akan hal ini.

Wow… Ternyata banyak BGT manfaat yang dapat kita rasakan bila terbiasa sejak dini membacakan buku ke anak, kalo searching di Inet bisa dapet 100 kali listnya, but for me this good 7 numbers is enough  buat slalu brusaha encourage Keiko to grab some book, and give my time with Keiko to seat a while and read books.
 Gak ada kata terlalu cepat( karena setiap anak bayi ketika sedang menyusui kita pun dapat membacakannya sebuah buku ) dan juga Tidak ada kata terlambat.(Even kita harus jujur kalau segala sesuatu kebiasaan itu akan lebih mudah diterima anak ketika ia masih kecil).   
So Mama…Lets start to read with our children :D
 
lagi "baca"tentang siklus hidup serangga

1 komentar:

les privat pep mengatakan...

bagus sekali bu pembahasannya yang berdasarkan praktek yang dilakukan didalam kehidupan sehari hari .. terimakasih .. artikelnya sangat bermanfaat sekali .. salam