Senin, 13 Juni 2011

Mari Bermain

Hal yang sangat bernilai yang dapat kita berikan kepada anak anak adalah waktu kita dan kenangan kenangan akan saat yang anda lewati berdua

Bermain bersama anak anak merupakan berkah yang tiada tara, baik untuk diri kita maupun untuk anak anak kita sendiri. Saat bermain itu terciptalah ikatan batin yang luar biasa. Jujur…memang terkadang orangtua, terutama para mama yang setiap hari ada dirumah, merasa bosan mengikuti mereka bermain. Pikiran kita melayang pada hal hal lain yang “ lebih berguna “ yang bisa kita lakukan ketimbang menemani anak bermain. Tapi tahukah kita bahwa anak belajar banyak ketika dia sedang bermain. Mereka siap menyerap segala pengetahuan yang tersaji didepan mereka.
Terus terang saya terkagum kagum dengan kemampuan putri saya yang waktu itu berusia satu setengah tahun dalam hal mengingat. Buku yang baru saya bacakan untuknya serta nama dan tokoh tokoh nya langsung terekam dengan baik. Saya menjajarkan tujuh buku dihadapkannya, dan ketika saya meminta dia untuk mengembalikan buku tertentu dengan karakter bergambar tertentu, dia dapat menunjuknya dengan tepat, bahkan gambar gambar benda yang ada dalam buku itu pun jika saya menyebutkannya , dia dapat mencarinya dengan sangat tepat dan cepat. LUAR BIASA! Memang benar dikatakan bahwa otak anak anak bagaikan sponge, mereka mampu menyerap apapun juga dengan sangat cepat . Sebelum saya memiliki anak, terus terang saya sangat kebingungan melihat buku buku yang dikhususkan untuk bayi, video video, kartu kartu baca bayi. Well….it’s to much pikir saya. Namun ketika saya banyak membaca buku tentang perkembangan anak dan melihat  perkembangan putri saya sendiri,saya bisa menyimpulkan bahwa itu semua memang sangat perlu guna menunjang perkembangan yang optimal untuk tumbuh kembang buah hati kita. Asal kita tidak melakukannya dengan berlebihan, terlalu cepat dan terlalu banyak menstimulasi anak ia juga bisa frustasi.  Saya tidak sedang berusaha untuk menciptakan anak yang super genius, tapi saya memberikan nya dengan tujuan bahwa dia dapat optimal dalam mengembangkan kemampuannya.
Mainan untuk anak anak memang sangat beraneka ragam tapi mainan yang mendidik itu tak musti mahal harganya. Bahkan kita bisa membuatnya sendiri. Semisal bola bola dari kaus kaki ( tentunya yang bersih ) mereka akan senang sekali mengejar ngejar bola atau merangkak mengambil bola, ini sangat baik untuk merangsang syaraf motorik kasar mereka. Jika kita memiliki waktu lebih buatlah buku dengan memakai kertas yang agak tebal, dan guntinglah gambar gambar dari majalah ataupun tabloid yang bisa merangsang proses pembelajaran anak tentang kosa kata dan juga penglihatan mereka, seperti gambar hewan hewan , bunga, makanan dan lain lain. Mama akan sangat terkagum kagum betapa mereka akan sangat antusias dengan semua gambar gambar itu. Jikalau anak sudah berumur tiga tahun , kita dapat membuatnya bersama sama, mereka akan sangat bangga dengan buku pertama mereka, lebih dari itu hubungan kita sebagai orang tua dan anak pun akan semakin erat. Banyak sekali ide ide bermain yang bisa kita lakukan dengan anak kita, ataupun membiarkan mereka bereksplorasi sendiri dengan gembira , tentunya dengan pengawasan kita.
Catatlah segala kemajuan yang dimiliki anak kita dan kita akan terperangah dengan apa yang telah bisa mereka lakukan. Banyak orang tua yang begitu takut, jikalau anak bermain diluar ( halaman ataupun taman ) takut kotor . Well…memang kotor, jika dibandingkan mereka bermain didalam rumah ataupun kamar bermainnya. Tapi ini merupakan proses pembelajaran . saya cenderung mendorong para mama untuk membawa anak anak sering sering keluar, agar terpapar udara yang segar. Mereka akan sangat senang, berlari lari kesana kemari, ataupun jika mereka masih terlalu kecil, mereka akan tetap menikmati rimbunnya pepohonan dan sinar matahari, memang tidak banyak taman yang bisa kita temukan terutama di Jakarta, tapi kita bisa meminta informasi ataupun mencarinya lewat internet, atau pasti ada taman disekitar kompleks tempat kita tinggal, bukan? Kita dapat mengajari bahwa tanaman tanaman itu pun sangat penting bagi kehidupan manusia. Kita bisa mengajari mereka untuk menyayangi tanaman yang ada. Tak pernah ada kata terlalu cepat untuk memulai hal yang positive pada anak.
Selain mereka segar karena menghabiskan waktu diluar rumah , anak anak pun cenderung akan meningkat nafsu makannya karena banyak energy yang mereka keluarkan, selain itu pun membuat tidur mereka cenderung lebih lelap. Atur lah jadual untuk bermain ditaman atapun diluar rumah kita, paling tidak satu atau dua kali dalam satu minggu. Tapi saya memang tidak menjamin jikalau membawa anak dibawah umur tiga tahun ketaman itu mudah. Saya bilang sangat menyenangkan untuk anak anak tapi lebih membutuhkan perhatian dan energy extra dari kita, kita pun akan cenderung berlari lari bersama meeka, untuk itu pakailah , pakaian yang nyaman, Mama.. jangan pakai high heels ya…
Anggaplah jadual olah raga kita berpindah . Ketika berlari lari badan kita akan semakin sehat, karena banyak mengikis cukup banyak lemak, dan anak anak pun dipuaskan hasrat bereksplorasinya.
Dan yang lebih penting dari pada itu adalah mereka mendapatkan kenang kenangan yang bisa mereka bawa sampai besar. Ketika mereka berlari lari bersama mamanya. Dan jikalau anak anak masih terlalu kecil untuk mengingat abadikan saat tersebut dengan foto contohnya, dan percayalah kebiasaan indah itupun akan anak anak kita nikmati walaupun mereka belum bisa mengingatnya.

Tidak ada komentar: