Jumat, 09 September 2011

Kodok,Kura Kura,Burung dan Kelinci


Hi…hi..seru juga nih, hari ini saya dapet lesson dari dvdnya Keiko. Dari umur 6 bulan, saya memang udah biasakan Keiko watching video khusus buat anak anak, asal kita wise ngatur waktunya gak bakal bablas kok, malah banyak hal yang berdampak positif baginya. Terutama soal vocabulary nya, juga menyenangkan melihat anak seusianya berlari lari dan menari nari, ( ngajak Keiko buat nari dan nyanyi juga ) walaupun kemarin kemarin saya sempet bingung..ngeliat dia gak pernah nyanyi or joget, tapi kesini sini, dia udah mau nyanyi…HORE…!!!! ( itu big achievement buat kita ber2 )
DVDnya keiko gak hanya menghibur Keiko aja, tapi juga mamanya. Kalo pas lagi nyanyi sama nari, mamanya yang heboh duluan, banyak kok cerita cerita yang simple yang bikin saya kalo lagi cape or bête bisa senyum lagi, dunia anak emang color full dan fun BGT. Pas kemarin lagi nemenin Keiko nonton, saya juga dapet pelajaran gratis…dan saya rasa cerita ini juga layak kita tuturkan sama anak anak
Jadi…begini ceritanya, Di hutan belantara , banyaklah binatang binatang yang tinggal didalamnya, mereka berteman dengan binatang lainnya. Suatu siang, ditepi kolam yang sejuk, ada kura kura dan juga kodok, mereka berdua sepertinya sibuk sekali…..!
Ayo..Kodok, bukan begitu caranya…kamu harus berdiri diatas batu itu, dan kemudian baru meloncat tinggi tinggi, dan baru gerakkan tangan mu keatas dan kebawah…!
Si Kodok menurut atas saran temannya, si kura kura, dia berjalan ke batu yang agak tinggi, dan kemudian meloncat tingi tinggi dan kemudian menggerakkan tangannya ke atas dan ke bawah, tapi..si kodok jatuh kedalam kolam lagi.
Ayo..sekali lagi, si kura kura berteriak dari pinggir kolam
Sikodok pun mencoba lagi, lagi dan lagi..
Ah..! aku gak akan bisa terbang Kura kura…, bagaimana ini??? Padahal aku pingin banget terbang
SEbagai teman yang baik si kura kura terus menyemangati si kodok, supaya tetap latihan agar dia bisa terbang.
Aku tahu apa yang kurang  kodok,..makanya kamu gak bisa terbang, ini…kata Kura kura, dipake , ini sayap, seperti punya burung burung itu, pake di lenganmu pasti kamu jadi bisa terbang.
Si kodok yang udah mulai putus asa, kembali semangat lagi ketika dikasih sayap buatan si kura kura, dia terus mencoba dan mencoba dengan mengepakkan sayap buatannya.Tapi apa daya, dia terus jatuh
Aku..sedih sekali…aku gak akan bisa terbang kata kodok.
Gak lama kemudian, datanglah kelinci…
Lagi ngapain kalian? Dari tadi kudengar kok ribut banget. Ada apa?
Kodok lagi belajar terbang,jawab si kura kura
Hah..belajar terbang??? Mana bisa,kamu kan bukan burung, hanya burung saja yang bisa terbang
Tapi..aku mau terbang, aku mau melihat dunia, aku mau lihat gunung, pantai, sawah, lembah, aku mau menyentuh awan dan langit biru..seperti burung, kata si kodok, putus asa
Percakapan mereka terhenti, karena ada jeritan minta tolong  dari dalam telaga. Ternyata ada seekor burung kecil yang jatuh kedalam telaga, burung itu berteriak karena takut tenggelam dan tidak bisa berenang,secara spontan si kodok melompat dan masuk kedalam air, dia berenang kearah si burung, kodok menggendong burung tadi di punggungnya, dan kemudian si kodok berenang ke tepian telaga.
Aku sangat berterima kasih, kalau tidak ada engkau kodok, aku pasti sudah tenggelam, kata sang burung
Tak perlu berterimakasih, kita sesama mahluk hidup  wajib tolong menolong.
Untung ada kamu Kodok, kata Kelinci aku dan kura kura juga mau menolong, tapi tidak ada yang bisa berenang dan melompat secepat kamu. Bagaimana coba seandainya tidak ada kamu. Pasti burung ini akan tenggelam.Jadi tidak usah kamu belajar untuk terbang, karena kamu tak akan bisa . Tuhan menciptakan kamu memang dengan suatu tujuan yang baik, tepat seperti apa adanya engkau, dan kamu kura kura, seharusnya kamu mengingatkan si kodok untuk mensyukuri apa yang sudah Tuhan berikan, bukan malah ikutan mendukung kodok untuk sesuatu yang mustahil
Hi…Hi…diantara sekian banyak cerita tentang binatang, Keiko paling suka sama cerita ini, dia suka sama adegan ketika kodok belajar terbang, trus nyebur ke kolam lagi, tapi bagi mamanya maknanya dalem..
Saya pernah kok..punya pola pikir kayak si kodok….merasa bahwa saya sangat tidak beruntung, karena memiliki apa yang saya miliki…dibandingkan dengan orang lainnya.Bukan mensyukuri apa yang telah Tuhan berikan malah,terus berusaha untuk mengubah sesuatu yang tidak bisa di ubah. Padahal  justru dengan tangan saya yang biasa ini lah saya dapat mengerjakan pekerjaan yang luar biasa.Saya tidak perlu memakai sayap palsu atau bermimpi untuk punya sayap, baru bisa melakukan pekerjaan hebat.Mungkin…seandainya saya punya “sayap” , saya tidak akan pernah senyaman dan sebaik sekarang. Jadi dari pada mengubah sesuatu yang tidak bisa diubah , better untuk mensyukuri apa yang telah Tuhan berikan, and bring  the best from it buat diri sendiri, dan buat sesama.
Trus..saya juga pernah dalam posisi seperti si kura kura, saking sohiban kental sama temen, sampe gak enak buat nyakitin hati dia untuk bilang kalau itu salah kalau itu gak  bener. Dengan support dia 100%. Kalau untuk hal yang baik sih gak apa, tapi kalau memang untuk sesuatu yang gak worth it , kayaknya saya malah bukan sahabat yang baik. Walaupun pada awalnya mungkin temen saya marah sama saya, karena saya kesannya gak support tapi belakangan pasti dia berterima kasih, karena dia saving a lot of energy untuk gak ngelakuin hal yang bodoh.
Untuk dalam posisi seperti burung…? Saya rasa , selama ini saya adalah orang yang tau terima kasih…Ha…ha…tapi, mudah mudahan sepanjang saya hidup saya bisa tau cara berterimakasih pada orang orang disekitar saya, even…untuk orang yang mengkritik saya, kritik untuk membangun lah…tapi kalau ada krtitik yang rada nyakitin hati…yo wiss legowo aja deh.Soalnya berterimakasih pada orang lain , sama halnya berterimakasih pada diri sendiri, mengingatkan diri sendiri, bahwa banyak orang yang care , dan benar benar sayang pada kita.
Nah…kalau pada posisi kelinci…saya rada “ribet” kenapa? Karena pada dasarnya saya orang yang gak suka bicara tentang orang dengan ngomong apa adanya. Ini gaya dan karakter suami saya. Dia 2 the point BGT, sementara saya mikirin perasaan orang BGT. Tapi memang kita perlu seperti sikap si kelinci tadi, kalau ada yang salah seharusnya ngomong salah…kalau emang reasonable ya di dukung…tapi kalo “unbelievable” ya..harusnya say NO. Dan itu akan sangat ngebantu banyak orang yang emang salah dalam mengambil keputusan ataupun cara pikirnya ( terlebih jika dia sahabat or orang terdekat kita ) Terkadang...mungkin seseorang itu gak tau kalau kelakuannya salah,jadi emang perlu orang buat ngingetin dia.
*****
Hi..hi..ternyata lesson itu gak hanya ada di bangku sekolah or kuliah. Di DVD anak batita juga bisa dapet lesson .




2 komentar:

Rina Suryakusuma mengatakan...

irish ya seneng nonton mb, hanya aja tontonan dia seperti alice in wonderlang, cinderella, pokoknya sebangsa putri gitu deh. Memang betul mb, kita kudu wise, karena tontonan itu pengaruh banget ke cara pikir anak. Jangan sampai kebablasan ya mb :)

marthavina mengatakan...

Video itu ku maksudkan untuk entertain dia, jadi kalo dah selesai makan nunggu susu..kami pasang video. Abis itu entar dia bosen, dan mamanya punya tenaga dan nafas lagi, jadi kita bisa"main or sekolah lagi" Keiko suka Barney, Dora, Doraemon, dan Stawbery shortcake. tapi senengnya walaupun ada video dia tetep lebih suka buku.